BeritaNasional

Erick Thohir Saran Orang Kaya Mudik Naik Pesawat

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong masyarakat untuk mudik dengan transportasi umum seperti Kereta Api dan Pesawat Terbang, terutama bagi kalangan yang memiliki kocek tebal.

Menurut dia dengan menaiki dua alat transportasi tersebut para pemudik tidak akan terjebak kemacetan dan bisa tiba di daerah tujuan tepat waktu.

“Dengan kereta api dan penerbangan kan tidak perlu macet, bisa tepat waktu. Tentu kalau kereta api kan harga kompetitif dibandingkan bensinnya (kendaraan pribadi), tetapi untuk kalangan yang mampu lainnya bisa naik pesawat. Pesawat pun saya rasa nyaman,” katanya di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Senin (10/4/2023).

Baca juga : Indonesia Survey Center : Prabowo Unggul dari Ganjar dan Anies

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, akan ada 123,8 juta orang warga yang melakukan mudik hari raya Idul Fitri 2023 ini. Hal tersebut diketahui berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Budi menyebut, jumlah tersebut naik dari mudik tahun sebelumnya atau tahun 2022 yakni sebesar 44 persen.

“Kita memang sudah mengantisipasi satu bulan sebelumnya, bahkan kita melakukan satu survei bahwa 45,8 persen atau 123 juta jumlah dari penduduk Indonesia itu akan begerak pada saat Lebaran. Nah ini meningkat 44 persen,” kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi V bahas mudik lebaran 2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/3/2023).

Sementara itu, Budi menyampaikan, untuk warga Jabodetabek sendiri cukup ada kenaikkan warga yang melakukan mudik tahun ini.

Baca juga : Jalankan Instruksi DPP PAPERA, Pedagang Pasar Pondok Gede Bagi Takjil dan Doakan Prabowo

“Sedangkan warga Jabodetabek relatif tidak sebesar nasional, peningkatnya 27 persen dibandingkan 2022,” tuturnya.

Sementara di sisi lain, ia mengatakan, moda trasportasi yang dominan yang bakal digunakan pada mudik 2023 adalah moda darat. Dimana mobil pribadi masih mendominasi, selain itu juga sepeda motor juga banyak dipakai.

Baca juga : Prabowo Terima PAN di Kertanegara: Kita Inginkan Jalan Tengah, Kesejukan

“Kalau dari slide yang ada di sana kelihatan mobil pribadi itu dominan banget, tapi mungkin kalau mobil pribadi kita harus melakukan upaya yang maksimal di tol Cipali,” tuturnya.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close