BeritaEkonomiNasionalUmum

Upaya Pemerintah Hadapi Inflasi Saat Bulan Ramadan

BIMATA.ID, Jakarta- Tren inflasi dalam dua bulan pertama tahun 2023 ini memang cenderung menurun. Namun waspadalah, ancaman inflasi tinggi masih mengintai.

Para ekonom memprediksi, bakal terjadi lonjakan inflasi selama Ramadan dan Lebaran. Dan, Ramadan bakal dimulai akhir bulan ini yang dilanjutkan dengan Lebaran pada akhir bulan depan. Pada periode itu terbuka peluang tren inflasi merangkak naik.

BACA JUGA: Prabowo-Paloh, Pertemuan Ketum Parpol Beda Sikap yang Kompromikan Tujuan Politik

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi, inflasi Ramadan dan Lebaran 5,8% sampai 6,7% secara tahunan.

“Inflasi Ramadan kali ini mungkin yang tertinggi sejak 2013,”Kata Bhima, Minggu (05/03/2023).

Menurutnya, komponen harga bergejolak dan harga yang diatur pemerintah akan naik bersamaan. Kondisi ini masih diperparah dengan kelangkaan minyak goreng, kenaikan harga beras.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Capres 2024 dengan Loyalis Tertinggi

Tak hanya itu saja, komponen pencetus inti juga akan turut menyulut inflasi pada Ramadan. Sebab permintaan masyarakat akan dilepas saat Lebaran tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah akan terus memantau harga pangan menjelang Ramadan.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Karawang

Tak hanya itu, pemerintah bakal mengguyur bantuan sosial beras yang diberikan mulai Maret hingga Mei 2023. Masyarakat akan menerima bantuan sosial selama tiga bulan ke depan. Namun, pemerintah belum menjelaskan besaran anggaran berikut jumlah penerima bantuan tersebut.

Selain itu, pemerintah akan menggelindingkan bantuan telur dan ayam. “Itu buat penerima PKH (program keluarga harapan) serta bantuan pangan nontunai,” katanya, Minggu (05/03/2023).

BACA JUGA: Prabowo Subianto Hadiahi Najwa Shihab Buku ‘Kepemimpinan Militer’

Upaya lainnya adalah dengan menjaga stabilitas harga tiket moda transportasi mudik termasuk tiketpesawat selama periode mudik Lebaran.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close