EkonomiPeristiwaRegional

Naik dan Turunya Harga Bahan Pokok di Kabupaten Kudus

BIMATA.ID, Kudus – Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus, Minan Muchammad menjelaskan, naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) pada minggu ini cenderung berfluktuasi. Sebab, adanya beberapa komoditas yang menaikan harganya, dan sebagian masih stabil.

“Komoditas yang harga jual mulai naik, yakni bawang putih dan beberapa jenis cabai dengan kenaikan antara Rp1.000 hingga Rp2.500 per kilogram,” kata Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus, Minan Muchammad di Kudus, pada Minggu (12/03/2023).

Dia mengungkapkan, harga bawang putih jenis kating pada 7 Maret 2023 dijual Rp 29.000 per/kg, kini naik menjadi Rp 34.000/kg.

Baca juga: Sugiono: Kemenangan Prabowo dan Gerindra Dimulai dari Sulsel

Selain itu, komoditas cabai rawit merah pada tanggal 7 Maret 2023 tercatat dari hasil pantauan dijual Rp 58.500/kg, lalu hari berikutnya naik menjadi Rp 63.500/kg, hingga pada saat ini naik lagi menjadi Rp 66.000/kg.

Adapun Hal serupa, pada komoditas cabai merah besar yang awalnya dijual seharga Rp 36.500 kemudian naik menjadi Rp 38.500/kg.

Namun, kondisi yang berbeda terjadi pada cabai rawit hijau yang stabil dengan harga Rp 29.000/kg, serta, cabai merah besar keriting dengan harga Rp35.000/kg. Sedangkan, untuk harga jual komoditas lainnya tetap stabil.

Lihat juga: Prabowo Dianugerahi Tokoh Peduli Santri

“Pemantauan tetap rutin dilakukan, termasuk memantau kemungkinan adanya harga yang melonjak tajam tentunya akan dilakukan langkah-langkah agar harganya bisa stabil dan stok juga tersedia,” ungkapnya.

Sambungnya, stok semua komoditas bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat pada saat ini menurutnya tersedia cukup.

Mengenai hal yang sama, Tutuk Asiani, seorang pedagang di Pasar Bitingan Kudus mengakui, pada saat ini harga komoditas yang telah mengalami kenaikan hanya bawang putih, dan cabai.

Simak juga: Di Bali, Muzani Bicara Komitmen Prabowo Jaga Kebhinekaan NKRI

Diketahui, untuk harga bawang putih yang dijual eceran dengan ukuran besar, mencapai Rp 35.000/kg. Sedangkan pada akhir Februari 2023 harganya masih Rp 28.000/kg untuk eceran. Namun, bawang merah justru turun menjadi Rp35.000/kg, dari yang sebelumnya di harga Rp40.000/kg.

Untuk diketahui, meski terjadi naik, dan turunnya harga bahan pokok di Pasar Tradisional Kabupaten Kudus menjelang Ramadhan, tidak menurunkan niat konsumen, karena kemungkinan bersamaan dengan tradisi Dandangan.

Selengkapnya: Resmikan Kantor Badan Pemenangan, Dasco Yakin Kader Gerindra Sulsel Menangkan Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close