BeritaInternasionalNasionalPolitik

Fadli Zon Suarakan Kesetaraan Perempuan Dalam Kancah Politik

BIMATA.ID, Jakarta- Mengingat Hari Kaum Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret kemarin, diperingati oleh masyarakat di seluruh dunia sebagai momen penghargaan atas perjuangan, kiprah, dan karya perempuan untuk menuju kesetaraan di berbagai bidang masyarakat.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menegaskan, bahwa, BKSAP DPR RI dalam berbagai kesempatan diplomasi parlemen di berbagai forum selalu konsisten mendorong terwujudnya kesetaraan hak bagi perempuan guna mewujudkan dunia yang lebih inklusif.

Hal ini disampaikan Fadli zon melalui keterangan tertulisnya kepada media parlemen, Dikutip dari website resmi DPR RI, Pada Kamis (09/03/2023).

Baca Juga: Prabowo-Ganjar ‘Mesra-mesraan’ Bareng Jokowi di Sawah

“Beberapa wujud nyata adalah dengan jabatan strategis yang diemban oleh beberapa anggota parlemen perempuan pada Biro Parlemen Perempuan di Organisasi Inter-Parliamentary Union (IPU) dan diterimanya usulan resolusi DPR RI terkait pentingnya mendorong kesetaraan dalam ranah politik dan kepemimpinan perempuan di forum-forum seperti ASEAN Inter-Parliamentary Assembly, Asia Pacific Parliamentary Forum dan lain-lain,” kata Fadli Zon

Politisi Fraksi Partai Gerindra itupun menyatakan, kepemimpinan perempuan di ranah politik adalah hal yang patut terus didorong karena mustahil akan terwujud dunia yang adil dan berkelanjutan tanpa adanya akses yang setara bagi perempuan.

Cek Juga: Presidium Relawan Prabowo Subianto Gelar Deklarasi

Oleh Sebab itu, diperlukan kolaborasi yang solid antara semua pihak, bukan hanya kaum perempuan, namun juga kaum pria, untuk bersama-sama membangun masyarakat yang tangguh.

Fadli Zon berharap, hal yang patut ditekankan adalah upaya mendukung keterlibatan perempuan di ranah politik juga harus diikuti dengan upaya pemberdayaan perempuan untuk kesetaraan. Sehingga, masyarakat serta dunia yang inklusif, berkelanjutan, dan damai dapat terwujud.

Simak Juga: Prabowo-Ganjar Tampil Akrab di Kebumen Bareng Jokowi, Ujang Komarudin: Capres-Cawapres Ideal 2024

“Akses setara bagi perempuan di ranah politik adalah salah satu kunci untuk mendorong terwujudnya kesetaraan, utamanya melalui berbagai proses politik yang melibatkan perempuan pada peran sentral, salah satunya yaitu di ranah legislasi. Di DPR, saat ini, terdapat 123 anggota parlemen perempuan dari total 575 anggota parlemen, dan angka ini bermakna jumlah keterwakilan perempuan adalah 21,39%,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close