Berita

Presiden Jokowi Dukung NU Membangun Nilai Agama dan Kebangsaan Dalam Perayaan 1 Abad NU

BIMATA.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam sambutan resmi dalam acara Satu Abad NU di GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, presiden mendukung Nahdlatul Ulama (NU) untuk membangun peradaban dunia, menurutnya,  NU berperan aktif dalam mengembangkan nilai – nilai agama, kebangsaan, serta kerukunan dalam keberagamaan.

“Sebagai organisasi Islam terbesar di dunia, NU layak berkontribusi untuk masyarakat internasional dan pemerintah sangat menghargai upaya PBNU untuk ikut membangun peradaban dunia yang lebih baik dan lebih mulia,” kata Jokowi, dikutip dari detik, Selasa (07/02/2023).

Baca Juga : DPD Gerindra Jateng Instruksikan Strategi Kemenangan Prabowo di 2024, Serta Gelar Kegiatan Senam

Menurut Jokowi, NU selama ini selalu berhasil dalam menghadapi gerakan-gerakan radikal dan para kaum ekstrimis.

“NU berhasil dalam menghadapi pandemi COVID-19, dalam menghadapi hantaman gerakan-gerakan radikal, termasuk menjaga diri dari politik identitas, dan ekstremisme,” ujarnya.

Sebagai organisasi islam yang sudah mengakar sejak lama di masyarakat, NU diyakini mampu menjaga ketahanan masyarakat di tengah pergolakan politik identitas dan kaum ekstrimis.

Cek Juga : Prabowo Ucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi Dalam HUT ke-15 Gerindra

Dia meminta kepada NU dan kaum nahdliyin untuk terus memberikan contoh hidup seorang Islam yang baik. Menjunjung akhlakul karimah dan adat ketimuran. Tata krama, unggah ungguh, etika yang baik, adab yang baik, menjaga toleransi, menjaga persatuan.

“Memasuki abad kedua, insyaallah NU akan tumbuh semakin kokoh. Menjadi teladan dalam keberislaman yang moderat. Atas nama rakyat Indonesia, saya mengucapkan tahniah dan syukur. Mengucapkan tasyakur, terima kasih dan bersyukur atas peran NU untuk bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Resepsi Satu Abad NU digelar mulai Selasa, pukul 00.00 dengan berbagai rangkaian ritual keagamaan. Mulai dari pembacaan Al-Qur’an, manaqib, istighotsah, qiyamul lail, shalat subuh berjamaah, dan sholawat. Acara akan berlangsung 24 jam nonstop hingga nanti malam pukul 23.59.(Pan)

Simak Juga : Prabowo Subianto: Yang Penting Saya Tidak Bohong dan Tidak Berkhianat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close