Berita

Dinkes Aceh Sebut 880 Ribu Anak di Aceh Sudah Mendapat Tetes Polio Dosis Kedua

BIMATA.ID, Banda Aceh – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh, Iman Murahman mencatat lebih dari 880.771 atau 72,3 persen anak sudah mendapatkan tetes polio dosis kedua di Aceh. Pemberian tetes polio putaran kedua itu diberikan setelah memenuhi interval minimal 28 hari sejak pemberian dosis pertama.

“Ada sekitar 880.771 anak sudah mendapatkan tetes polio dosis kedua selama pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Aceh. Pemberian tetes manis polio ini harus dilakukan minimal dua kali agar dapat terbentuk kekebalan dari serangan virus polio yang berbahaya,” katanya, Senin (20/02/2023).

Baca Juga : Don Muzakir Minta DPC PAPERA Garut Kuasai Suara Pedagang Dukung Prabowo

Pihaknya mengatakan, angka tersebut merupakan total dari target 1,2 juta anak usia 0-12 tahun yang dijadwalkan mendapatkan imunisasi polio dosis kedua.

“Data itu merupakan capaian dari beberapa daerah di Aceh seperti Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Singkil Aceh Barat yang telah mencapai di atas 95 persen,” ucapnya.

Kemudian, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Pidie, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya dan Nagan Raya dan Aceh Selatan yang capaiannya sudah diatas 85 persen, serta beberapa daerah lainnya dengan capaian beragam.

Cek Juga : HUT Gerindra ke-15, Kader dan Warga Jakarta Timur Deklarasi Pemilu Damai dan Siap Menangkan Prabowo Subianto

“Target di putaran kedua ini juga sama seperti putaran pertama yaitu 1.2 juta anak,” jelasnya.

Saat ini, kata Iman, ke 23 kabupaten/kota di Aceh sudah mulai melaksanakan Sub PIN polio dosis kedua sebagai respon dari Kejadian Luar Biasa KLB) kasus polio di Aceh, menyusul ditemukan satu kasus di Kabupaten Pidie pada tahun lalu.(oz)

Simak Juga : Pedagang Semarang Konsolidasi Bersama PAPERA Dukung Prabowo

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close