BeritaHeadlineHukumRegionalTravelUmum

Cegah Pelecehan Seksual TransJakarta Tambah 20 Bus Khusus Wanita

BIMATA.ID, Jakarta- Mencegah aksi pelecehan seksual yang kerap terjadi terhadap penumpang di Transjakarta atau yang biasa disebut Busway. PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah menambahkan 20 armada bus pink khusus penumpang perempuan.

Kepala Divisi Sekretaris PT TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri menerangkan, bahwa penambahan 20 armada bus pink ini merupakan upaya pihaknya meminimalisir atau mencegah pelecehan seksual yang kerap terjadi kepada kaum hawa. Dirinya menginginkan penumpang wanita dapat menikmati layanan TransJakarta dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Survei Indostrategi, Prabowo Unggul di Semua Kategori Dibanding Ganjar-Anies

“Bus pink hadir untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan TransJakarta dengan merasa aman dan nyaman,” ujar Apriastini, hal ini dikutip dari salah media berita, pada Senin 27 Februari 2023.

Apri mengungkapkan, penambahan armada busway pink tersebut akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal sebanyak 15 armada bus pink beroperasi mulai hari ini. Belasan bus pink itu bakal melayani 5 koridor yaitu Koridor 2 Pulogadung-Harmoni, Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru.

Cek Juga: PAPERA Majalengka Sasar Pasar Raih Dukungan Pedagang untuk Prabowo 2024

Apri melanjutkan, bus pink itu juga akan beroperasi di Koridor 9 Pinang ranti-Pluit, Koridor 13 Ciledug-Tendean serta PGC-Harmoni 5C, lalu pihaknya akan menambah 5 unit armada bus pink pada Maret mendatang.

“Sehingga seluruhnya menjadi 20 unit armada pink dengan jangkauan 7 rute,” tuturnya.

Selain itu, Apriastini juga menegaskan, saat ini TransJakarta sudah memperkuat sistem keamanan di semua lini pelayanan, termasuk seluruh armada bus telah dilengkapi kamera pengawas (CCTV) serta menempatkan personel keamanan di halte dan di dalam bus.

Simak Juga: Berjaya pada 2019, Muzani Minta Masyarakat Riau Kembali Dukung Prabowo 2024

Sedangkan pada armada bus reguler, TransJakarta telah tersedia ruangan khusus wanita juga dilengkapi dengan CCTV yang menjamin keamanan dan kenyamanan seluruh pelanggan.

“Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan melindungi pelanggan kami dari segala bentuk gangguan keamanan. Dan bila hal itu terjadi, kami akan memfasilitasi pelanggan kami untuk menggunakan hak hukumnya, melalui jalur penegakan hukum kepada pihak berwenang,” tutupnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close