BeritaNasional

Perhatian Buat Emak-emak!! Harga Telur Mulai Turun di Bawah Rp 30.000/kg

BIMATA.ID, Jakarta- Emak-emak kini tidak pusing lagi, pasalnya harga telur ayam yang sempat mahal di akhir tahun 2022 saat ini mulai turun. Hal ini dilihat dari harga panel Badan Pangan Nasional, di mana per 3 Januari harga telur ayam di bawah Rp 30.000/kg.

“Untuk, wilayah DKI Jakarta harga telur turun dari Rp 30.420 per kg di pertengahan Desember menjadi Rp 29.400 per kg. Di Jawa Barat, telur turun dari Rp 31.130 per kg menjadi Rp 28.650 per kg,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional/NFA, Arief Prasetyo Adi dalam keterangan tertulis, Jumat (6/1/2023).

Dia menuturkan, turunnya harga telur ayam itu membuktikkan bahwa produksi telur mulai berjalan yang berimbas pasokan ikut melimpah.

Selain itu, distribusi telur ayam juga lancar dari produsen, pedagang, hingga ke konsumen.

“Dari peternak sudah mengantisipasi termasuk pendistribusiannya antar wilayah maupun ke wilayah konsumen juga cukup lancar sehingga saat ini relatif terkendali bahkan cenderung turun,” jelas dia.

Tak hanya telur nih emak-emak, Erief mengungkapkan beberapa harga pangan lainnya mengalami penurunan. Misalnya, daging ayam ras turun menjadi Rp 36.290 per kg dan gula konsumsi turun  menjadi Rp 14.270 per kg.

Lalu, jagung pakan menjadi Rp 56.000 per kg, dan bawang putih turun menjadi 26.540 per kg.

“Kita pantau terus (harga pangan) baik melalui sistem Panel Harga Pangan maupun secara langsung dengan berkoordinasi bersama teman-teman asosiasi petani, peternak, dan pedagang,” pungkas dia.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close