BeritaKesehatanNasionalPolitik

Ketum Gelora Dorong Program Jaminan Kesehatan dan Sosial untuk Penyelenggara Pemilu 2024

BIMATA.ID, JAKARTA – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia meminta kepada pemerintah pusat untuk segera menyediakan fasilitas kesehatan hingga jaminan sosial untuk penyelenggara petugas Pemilihan Umum (Pemilu) di 2024 nanti.

Maksud tersebut, untuk mengantisipasi bila adanya kejadian yang tidak diinginkan, bila adanya korban jiwa para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) seperti pada Pemilu 2019 lalu, yang disebabkan kelelahan.

“Intinya Partai Gelora setuju, bahwa petugas penyelenggara pemilu terutama di tingkat KPPS diberikan fasilitas kesehatan dan jaminan sosial, karena tugasnya sangat berat dalam melaksanakan Pileg dan Pilpres bersamaan waktunya,” kata Anis Matta, Selasa (03/01/2023).

Hal itu dijelaskan Ketua Umum (Ketum) Partai Gelora Anis Matta yang menanggapi permintaan Ketua KPU RI Hasyim Asyari agar pemerintah segera menyediakan fasilitas kesehatan dan jaminan sosial bagi petugas Pemilu 2024 saat menyampaikan Catatan Akhir Tahun 2022 KPU RI, Kamis, 29 Desember 2022.

Baginya permintaan itu sangatlah wajar, karena di pemilu 2019 menurutnya menjadi salah satu pembelajaran yang berharga dalam acara penyelenggaraan pemilu di indonesia pada saat itu.

“Petugas Pemilu di berbagai tingkatan merupakan elemen penting bagi suksesnya pemilu, wajar jika mereka diberi fasilitas berupa fasilitas kesehatan dan jaminan sosial. Itu permintaan yang realistis,” ucapnya.

Anis Matta menjelaskan, fasilitas kesehatan dan jaminan sosial tersebut merupakan konsekuensi dari pilihan sistem pemilu yang sudah diputuskan dalam undang-undang. Sementara mengenai hal itu, format fasilitas kesehatan dan jaminan sosial yang akan diberikan untuk petugas Pemilu 2024, Anis Matta mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera berkoordinasi dengan pemerintah.

“Formatnya bisa didiskusikan. Apakah memanfaatkan atau membuat skema tertentu di BPJS Kesehatan, atau cara lain, bisa dicari format yang paling optimal dan tetap efisien,” tegas Anis Matta.

Maka dari itu mengenai format fasilitas kesehatan dan jaminan sosial tersebut yang akan diberikan untuk para petugas Pemilu 2024, Anis Matta mendorong KPU segera berkoordinasi dengan pemerintah.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close