BeritaNasional

Dalam Kunjungan Kerja ke Solo : Prabowo Ungkap Nilai Sejarah Pura Mangkunegaraan

BIMATA.ID, Solo – Dalam Kunjungan Kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke Solo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka beserta Pangeran Adipati Arya Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, mengajak Prabowo berkeliling melihat Pura Mangkunegaraan.

“Hari ini saya ditemani Mas Walikota, Gibran Rakabuming serta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berkeliling Pura Mangkunegaran” tulis Prabowo, dikutip dari Facebook Prabowo Subianto, Rabu (25/01/2023).

Prabowo mengatakan, bagi para penggemar sejarah dan budaya leluhur, diwajibkan untuk melihat atau mengunjungi Pura Mangkunegaraan, Karena pura yang dibangun oleh Raden Mas Said tersebut, mempunyai banyak cerita yang bisa kita ambil sebagai pelajaran.

Baca Juga : Menhan Prabowo Subianto Kagum dengan Arsitektur Loji Gandrung Penuh Dengan Sejarah

“Bagi para penggemar sejarah, wajib mengunjungi tempat ini ketika anda sedang berada di Surakarta. Bangunan yang didirikan oleh Raden Mas Said pada 1757 ini menyimpan segudang cerita sejarah yang dapat kita pelajari jengkal demi jengkal pada bangunan di dalamnya” kata Prabowo.

Prabowo memberitahukan, bahwa Gedung Kavaleri yang terletak di sebelah timur pamedan, merupakan markas para pasukan elit Pangeran Sambernyawa atau Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA)  Mangkunegara I, sementara Pamedan sendiri merupakan tanah lapang yang digunakan para prajurit untuk berlatih.

“Seperti Gedung Kavaleri Artileri yang bergaya Eropa di sebelah timur pamedan. Gedung yang dahulu menjadi markas para pasukan elit Pangeran Sambernyawa atau KGPAA Mangkunegara I, Sementara, Pamedan sendiri merupakan tanah lapang yang dahulu digunakan untuk latihan perang dan berkuda para legiun Mangkunegaran.”ucap Prabowo.

Lihat Juga : Prabowo – Muhaimin Bakal Dirikan Sekber di Seluruh Provinsi se-Indonesia

Dan tak lupa, Prabowo sangat berterima kasih kepada Gibran dan KGPAA Cakrahutomo yang telah menjaga dan merawat warisan budaya bangsa yang nantinya akan bisa dijadikan pelajaran untuk generasi berikutnya.

“Terima kasih kepada Mas Gibran dan KGPAA Bhre Cakrahutomo yang telah menerima dengan hangat kedatangan saya dan rombongan. Terima kasih pula telah menjaga, merawat warisan budaya bangsa ini, sebagai peninggalan sejarah yang tak ternilai bagi anak-cucu kita kelak” Pungkas Prabowo.(Pan)

Simak Juga : Di Koramil Serengan 03 Solo, Prabowo Subianto Ditemani Gibran Serahkan Motor dan Alkom ke Babinsa

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close