BeritaNasionalPeristiwa

Erick Berangkatkan 100 Ribu Mudik Gratis BUMN

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pagi ini memberangkatkan hampir 100 ribu peserta mudik gratis BUMN, jumlah ini meningkat 40 persen jika dibandingkan peserta mudik di tahun 2023 lalu.

Erick menyampaikan, bahwa keselamatan pemudik adalah hal yang sangat penting. Berdasarkan data kecelakaan selama mudik tahun 2023 sebanyak 77 persen kecelakaan berasal dari pengguna kendaraan roda dua.

Sehingga, pemerintah sangat menganjurkan pemudik untuk menggunakan transportasi umum, salah satunya Bus.

Baca juga: Gibran Akan Beri Informasi Jika Ada Pertemuan Antara Prabowo dan Megawati

“Program ini mendorong migrasi pemudik agar lebih aman dan nyaman dengan menggunakan transportasi umum, selain itu hal ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik. Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta perjalanan yang lebih aman, nyaman, dan sehat bagi para pemudik,” ungkap Menteri BUMN, Erick Thohir, Jumat (05/04/2024).

Sambungnya, pada tahun ini sebanyak 88 perusahaan BUMN, dan Anak Perusahaan BUMN berpartisipasi dalam mendukung dan menyediakan mudik gratis bagi masyarakat yang dimotori oleh PT Jasa Raharja, dan Forum TJSL BUMN.

Diketahui, sebanyak 94.753 pemudik yang terbagi ke dalam tiga moda transportasi, yaitu 1.536 unit Bus untuk 70.179 penumpang bus, 60 unit Kereta Api untuk 19.122 penumpang kereta dan 30 unit Kapal Laut untuk 5.452 penumpang kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 Kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lihat juga: Isu Dititipkan Jokowi Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Pratikno: Ya Enggak Lah

Sekedar informasi, langkah ini diambil untuk memastikan setiap pemudik dapat menikmati perjalanan pulang dengan nyaman tanpa hambatan serta memberikan pengalaman perjalanan yang inklusif bagi semua pemudik, sambil menjaga keselamatan, kenyamanan, dan keberlanjutan lingkungan.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close