BeritaNasionalPolitik

Kemendagri Himpun Data Kajian Optimalisasi Peran Parpol

BIMATA.ID, Jakarta – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menghimpun data kajian optimalisasi peran partai politik (parpol) guna mendukung Kegiatan Tim Perkiraan Strategis Nasional (Kirstranas).

Perwakilan Tim Kirstranas Pusat Strategi Kebijakan Politik, Hukum, dan Pemerintahan Dalam Negeri BSKDN, Irfan Sangadji mengatakan, bahwa data dari partai politik (parpol) terutama yang berkaitan dengan rekrutmen dan kaderisasi menjadi topik utama dalam kunjungan kerja tersebut.

“Parpol merupakan infrastruktur yang menjadi hulu yang berperan menghasilkan kader legislatif yang punya pengaruh terhadap dinamika kehidupan berdemokrasi di negara ini,” kata Sangadji dalam keterangannya di Jakarta, pada Rabu (03/04/2024).

Baca juga: Gibran Akan Beri Informasi Jika Ada Pertemuan Antara Prabowo dan Megawati

Dia berharap pengumpulan data parpol melalui interview terbuka tersebut dapat memenuhi substansi dalam kegiatan Kirstranas.

Menurutnya, kegiatan Kirstranas yang dilakukan BSKDN diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan terhadap penciptaan pola kaderisasi yang baik pada parpol.

“Hal ini juga akan berdampak pada peningkatan nilai demokrasi Indonesia yang salah satu variabelnya adalah peran partai politik,” pungkasnya.

Lihat juga: Syukuran Kemenangan Prabowo-Gibran, Barisan RFG Santuni Anak Yatim

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close