BeritaHukumOtomotifRegionalTravelUmum

Kementerian PUPR akan Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Bali

BIMATA.ID, Bali- Rencananya pemerintah akan mulai uji coba sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau Muli Lane Free Flow (MLFF) pada Juni 2023 mendatang secara bertahap. Uji coba akan dimulai di Bali, kemudian ke ruas tol lainnya hingga akhir 2023 mendatang.

“Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit di Jakarta, Rabu (07/12/2022).

Dengan MLFF menggunakan aplikasi ini maka sistem transaksi tol akan lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik, sehingga antrean di gerbang tol tidak ada lagi. Selain itu, MLFF membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien.

“Nanti untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia. Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran,” jelasnya.

Sedikitnya ada 40 ruas jalan tol yang akan menerapkan sistem ini pada Desember 2023.

“Kita punya waktu dari Desember 2022 sampai Desember 2023 untuk melakukan proses transisi ini, registrasi. Kemudian uji coba dan sebagainya kita mulai sekarang. Karakteristik kita pelajari, mudah-mudahan memadai itu go live 100 persen”pungkasnya.

Selain itu, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF juga mengatakan, pemilihan Bali telah melalui proses diskusi, mempertimbangkan bahwa ruas tol ini belum terlalu padat sehingga akan lebih mudah melaksanakan kontrol untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close