BeritaNasionalPeristiwa

Pupuk Indonesia Gaet PLN, dan Acwa Power Kembangkan Green Ammonia di Gresik

BIMATA.ID, JAKARTA – PT Pupuk Indonesia (Persero) tengah menggembangkan green hydrogren, dan green ammonia terintegrasi bersama PT PLN (Persero) sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengembangkan energi bersih di Indonesia.

Diketahui, kerjasama ini tertuang dalam perjanjian studi pengembangan bersama (joint development study agreement) dengan ACWA Power Company dalam upaya mengembangkan energi bersih di tanah air.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman mengatakan, kerja sama yang dijalin pihaknya bersama dengan PLN bersama ACWA Power Company, ketiganya segera membangun pabrik green hidrogen, dan green amonia di Kawasan Industri Petrokimia Gresik, Jawa Timur (Jatim).

Baca juga: Hadiri Rakernas Apeksi ke XVI, Prabowo Akan Diskusi Bareng Wali Kota Se-Indonesia di Makassar

“Melalui kerjasama ini, Pupuk Indonesia bersama PLN dan ACWA Power Company akan mengevaluasi konversi green hydrogen menjadi green amonia dengan menggunakan fasilitas Gresik Ammonia yang sudah ada, serta membuka peluang kerja sama dengan off – taker green ammonia jangka panjang,” ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman dalam keterangan tertulis, Rabu (12/07/2023).

Sekedar informasi, kerja sama pembangunan green hidrogen di Indonesia juga telah dijalin oleh PLN bersama Asosiasi Hidrogen Prancis. Dalam lawatan kerja ke Prancis pada April 2023, PLN memaparkan strategi, dan inisiatif transisi energi PLN dalam mencapai Net Zero Emission tahun 2060, di mana salah satunya adalah melalui pengembangan green hidrogen di Indonesia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close