Berita

Datang ke Sumbar, Anies Baswedan Naik Private Jet

BIMATA.ID, SUMBAR – Anies Rasyid Baswedan, calon Presiden RI dari Partai Nasdem datang ke Sumatera Barat untuk melakukan kunjungan dan menjalankan serangkaian acara. Terlihat mantan Gubernur DKI Jakarta itu datang dengan private jet.

Informasi dari sejumlah petugas di bandara, Anies terlihat turun dari private jet. Terlihat, dari private jet, Anies menggunakan kendaraan bandara menuju ke gedung VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Tadi pak Anies itu turun dari pesawat jet sewaan, katanya dari Aceh, tapi saya tak tahu pasti juga. Setelah itu, dia pakai shuttle bus ke arah gedung VIP,” tutur Meri, salah seorang petugas bandara.

Dari video terlihat pesawat jenis jet embraer kecil itu berkapasitas 16 orang termasuk kru mendarat di BIM. Satu pesawat itu butuh lima kru terdiri dari pilot dan co-pilot, dua pramugari dan seorang teknisi.

Dilansir dari Kompas.com, Director PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus mengatakan, harga sewa jet pribadi ini tergantung pada jenis jet yang dipilih, rute, dan lama perjalanan yang diinginkan.

Untuk rute perjalanan dalam negeri, misalnya Jakarta ke Bali Anda perlu merogoh kocek hingga 38.000 dolar Amerika atau setara Rp570 juta untuk menyewa jet pribadi Legacy 600. “Itu contoh tarif berlaku,” ujarnya.

Harga sewa jet pribadi itu sudah termasuk izin penerbangan dan biaya penanganan di bandara, makan dan minum, serta lounge di bandara. Harga sewa jet pribadi per jam itu sudah termasuk bahan bakar, ongkos pilot, penanganan di bandara, hingga biaya operasional pesawat.

Naik Pesawat Ekonomi tapi Tak Dikenal
Sementara itu, aktivis Jaringan Islam Liberal Mohamad Guntur Romli menyindir keras eks Gubernur DKI Jakarta yang tertangkap kamera menggunakan pesawat kelas ekonomi beberapa waktu lalu. Kritikan keras ini dilontarkan Guntur Romli setelah setelah video Anies viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat Anies Baswedan menjadi orang paling terakhir memasuki pesawat, dia tampak mengenakan setelan jas hitam dengan membawa sebuah koper, seperti penumpang kelas ekonomi pada umumnya, Anies tampak sibuk merapikan barang bawaan sebelum pesawat lepas landas.

Calon Presiden usungan NasDem itu kemudian mengambil tempat duduk paling belakang. “Ini Anies duduk paling belakang, kok masuknya terakhir?” kata Guntur Romli dikutip dari unggahan twitternya @GunRomli pada Senin (14/11/2022).

Politisi PSI ini mengatakan, Anies Baswedan sebetulnya ingin membuat drama dalam pesawat, dia sengaja menggunakan pesawat kelas ekonomi dengan harapan dirinya bisa disambut oleh penumpang lainnya, namun nyatanya kehadiran Anies Baswedan di dalam pesawat justru dianggap biasa saja, tak ada penumpang yang sampai histeris melihatnya.

“Kayaknya mau bikin drama kalau akan banyak yang sambut (ternyata tidak, padahal sudah nyiapin camera),” lanjutnya.

Guntur Romli menegaskan, Anies Baswedan yang mendadak merakyat ini jelas punya tujuan tertentu. Dia lantas mengatakan, ketika masih aktif menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan tak pernah menggunakan pesawat ekonomi, dia selalu menggunakan first class ketika masyarakat Jakarta berjibaku melawan banjir.

“Mau bilang dia naik kelas ekonomi? Waktu jadi pejabat naik first class saat warganya kebanjiran. Kopernya buat ke kabin kegedean,” ucapnya

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close