Berita

Moeldoko Sebut Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Meski Ada Ancaman Resesi Dunia

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan,perekonomian nasional akan mampu bertahan dan meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan ancaman resesi dunia pada 2023.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Ekonomi tetap tumbuh meski trennya slowdown. Jadi yang punya banyak uang silakan belanjakan uangnya, karena itu akan menjaga perekonomian kita terus bergerak,” katanya, Jumat (04/11/2022).

Menurutnya Moeldoko peringatan Presiden Joko Widodo sebelumnya tentang ancaman resesi global bukan untuk menakut-nakuti. Melainkan lebih kepada seruan agar Indonesia waspada terhadap kondisi pasar global karena telah terjadi perlambatan ekonomi di negara maju, serta ancaman krisis energi, pangan, dan krisis keuangan global akibat naiknya tensi geopolitik.

“Dampaknya terhadap perekonomian kita tentu saja ada, tapi tidak terlalu besar. Karena sejauh ini komponen utama PDB kita adalah konsumsi rumah tangga (dalam negeri). Kita harus tetap optimistis dan terus waspada,” ucapnya.

Moeldoko mengungkapkan pada 2023 APBN akan berperan sebagai peredam kejut dan digunakan seefektif mungkin untuk pengendalian inflasi, menjaga daya beli dan menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close