BeritaInternasional

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Sebut Kemajuan di Indonesia Buah dari Kepemimpinan Soeharto

BIMATA.ID, Jakarta- Mahathir Mohamad baru-baru ini menyebut berbagai perubahan positif yang terjadi di Indonesia merupakan hasil dari kebijakan yang diciptakan oleh mantan presiden Soeharto di masa lampau seraya memuji perkembangan yang begitu “pesat” di Indonesia.

Ketika diwawancarai oleh BBC, politikus Malaysia ini menyoroti perkembangan positif yang terjadi di Indonesia dalam beberapa periode terakhir dan mengatakan Soeharto turut berjasa dalam menciptakan fondasi bagi kemajuan ini.

“Saya melihat ada banyak perubahan di Indonesia, hasil daripada permulaan yg dibuat oleh Presiden Soeharto.”

Menurutnya, kemajuan yang terjadi di Indonesia begitu pesat, bahkan melebihi apa yang kini terjadi di Malaysia.

“Saat ini, Indonesia bahkan maju lebih pesat daripada Malaysia,” sebutnya.

Ketika disinggung mengenai hubungannya dengan Soeharto, Mahathir menyebut keduanya cukup dekat ketika masih sama-sama menjabat, terlebih karena dua sosok ini sama-sama menjabat dalam waktu yang cukup lama.

“Semasa [pemerintahan] Presiden Soeharto, saya berpeluang punya hubungan dekat lebih lama karena dia menjabat sebagai presiden cukup lama,” ujarnya dalam kesempatan itu. “Jadi, hubungan kami berdua lebih dekat, dibanding dengan [pemerintah] sekarang.”

Mantan PM Malaysia ini kembali mencalonkan diri dalam pemilihan umum yang akan segera digelar. Sebelumnya, ia pernah menduduki jabatan itu pada periode 1981-2003 dan 2018-2020.

Ketika ditanya mengenai ambisi yang melatari pencalonan kembali dirinya, Mahathir menyebut ia ingin membawa Malaysia menjadi negara maju.

“Kita boleh berpendapat bahwa kita ingin menjadi negara yg maju, seperti di Eropa atau di negara [Asia] Timur yang sudah maju dalam semua bidang. Kita jg telah berusaha untuk menjadi negara maju,” sebutnya.

Namun, ia juga menyadari bahwa untuk meraih mimpi itu, masih banyak usaha yang harus dilakukan. Hal itu lah yang Mahathir dan partainya, Partai Pejuang Tanah Air, ingin upayakan.

“Tetapi, untuk mencapai hal itu, harus dilakukan beberapa tindakan dasar sebelum rakyat bisa merasakan iklim kehidupan di negara maju.”

Selama lebih dari 20 tahun memimpin pemerintahan Malaysia, Mahathir berhasil membawa negara itu menuju beberapa pencapaian positif.

Misalnya, pada 1990–1998, ia aktif menanggulangi krisis keuangan serta melakukan pembangunan ekonomi.

Ia juga kerap menjalin hubungan diplomatis dengan berbagai negara besar di dunia. Uniknya, sosok eks PM Malaysia tersebut sering melayangkan kritik terhadap Amerika Serikat namun tetap menjalin hubungan diplomatis yang erat.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close