BeritaEkonomiNasionalPeristiwa

Indosat Bukukan Laba Rp 1,3 T di Kuartal Pertama 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Emiten operator telekomunikasi, PT Indosat Ooredoo Tbk (ISAT) berhasil membukukan pertumbuhan positif kinerja keuangan di kuartal pertama 2024.

Diketahui, Indosat meraih pendapatan Rp13,83 triliun atau naik 15,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sementara laba periode berjalan naik 39,4% YoY menjadi Rp1,3 triliun.

Presiden Direktur, dan CEO ISAT, Vikram Sinha mengatakan, komitmen perusahaan untuk menciptakan nilai berkelanjutan dan memperkuat ekonomi digital Indonesia melalui peningkatan jaringan, operasional, dan efisiensi.

Baca juga: Prabowo Hadiri Upacara Peringatan HUT Kopassus ke 72

“Pencapaian kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen Indosat untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan, serta memperkuat ekonomi digital Indonesia,”ujar Vikram Sinha dalam siaran persnya di Jakarta, pada Rabu (01/05/2024)

Kemudian, Vikram juga menyampaikan, bahwa pertumbuhan pelanggan sebesar 2,3% YoY menyebabkan lonjakan trafik data hingga 14,3% YoY, mencapai 3.858 Petabytes.

Selain itu, investasi strategis dalam infrastruktur jaringan tercermin dalam peningkatan jumlah BTS 4G sebesar 20,8% YoY menjadi 184 ribu, mendukung pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Lihat juga: Soal Gelora Tolak PKS Gabung, PBB: Prabowo Lebih Paham

ARPU (Pendapatan Rata-Rata Per Pengguna) pelanggan seluler juga meningkat 13,9% YoY menjadi Rp37.500. Peningkatan outlook dari “Stabil” menjadi “Positif” oleh lembaga pemeringkat internasional, Fitch, serta peringkat kredit AA+(idn) dan idAAA (Stabil) dari Pefindo, menunjukkan kondisi keuangan yang solid.

Menurutnya, Indosat memperkuat posisinya sebagai pionir teknologi di Indonesia melalui kolaborasi dengan NVIDIA, sebagai NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di dalam negeri. Kolaborasi ini bertujuan untuk mendemokratisasi akses ke platform AI terdepan NVIDIA, dengan memanfaatkan teknologi Graphic Processing Unit (GPU) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Oleh karena itu, Indosat juga fokus pada keamanan siber melalui kolaborasi dengan Cisco dan Mastercard. Kolaborasi dengan Cisco bertujuan untuk menyediakan solusi keamanan siber kepada perusahaan, terutama UKM, sementara pembentukan Cybersecurity Center of Excellence (CoE) Indosat-Mastercard memperkuat dedikasi perusahaan dalam mendorong pengembangan talenta dan upaya deteksi serta mitigasi keamanan siber.

Simak juga: Budi Arie Benarkan Alasan Prabowo Batal Dampingi Presiden Jokowi

Sebagai informasi, komitmen untuk memajukan ekonomi digital Indonesia, Indosat tetap berinovasi dan berkolaborasi untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan Kolaborasi dengan NVIDIA menandai langkah penting dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai bangsa digital yang didukung oleh AI, sementara upaya dalam keamanan siber menegaskan peran penting perusahaan dalam memastikan ketahanan digital dan keamanan bagi seluruh ekosistem digital Indonesia.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close