BeritaInternasionalUMKM

Gibran Lepas Produk UMKM ke Pasar Prancis

BIMATA.ID, SOLO, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka telah melepas ratusan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke Prancis dalam upaya sebagai penjajakan pasar ke negara dikawasan Eropa.

Diketahui, pihaknya telah dibantu oleh aggregator, sehingga dapat dipastikan kualitas produk dapat meningkat, dan jumlah negara tujuan ekspor dapat bertambah kedepannya.

“Intinya kami memberangkatkan berbagai macam produk UMKM dari Solo Raya, ke depan kami tambah terus volumenya,” kata Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di sela pelepasan produk UMKM di Balai Kota Surakarta, Jumat (07/07/2023).

Baca juga: Menhan Prabowo Setujui RUU Kelautan

Menanggapi hal itu, Kepala Bank Indonesia (BI) Kanwil perwakilan Surakarta, Nugroho Joko Prastowo menyampaikan, beberapa produk unggulan di Solo Raya tengah menjajaki Prancis.

“Untuk mencapai tahapan ini sebenarnya tidak mudah dan ini merupakan suatu program yang berkelanjutan, jadi pada tahun lalu Mas Wali (Wali Kota Surakarta) sudah ke Paris untuk Java in Paris, di situ ada Solo in Paris,” kata Kepala BI Kanwil Surakarta, Nugroho Joko Prastowo.

Maka dari itu, Joko berharap lokasi itu sebagai hubungan, sehingga UMKM dari Solo Raya terus meningkat.

Lihat juga: Prabowo Serahkan C-130J Super Hercules Kedua untuk TNI AU

Pada kesempatan yang sama, aggregator asal Prancis, Mathieu Mergans mengatakan, rencananya kontainer pembawa produk UMKM dari Solo Raya tersebut akan tiba di Perancis pada 18 Agustus 2023.

“Awalnya kami kurasi 120 pelaku UMKM, tetap sesuai selera. Membaca pasar di sana, jadi tergantung target negaranya juga,” ucap aggregator Prancis, Mathieu Mergans.

Oleh karena itu, Mathieu juga berharap pemerintah dengan pihak terkait dapat terus melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM.

Simak juga: Prabowo Dinilai Capres Terkuat Pilpres 2024

“Harapannya binaan tetap ada, ditindaklanjuti. Kalau mau naik kelas ya memperbaiki produk dan memperbaiki marketing,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close