BeritaNasionalPeristiwaPolitikRegionalUmum

Survei SRS: Elektabilitas Simulasi 3 Capres, Prabowo Kokoh di Urutan Pertama

BIMATA.ID, Jatim — Dalam simulasi 3 nama kandidat calon presiden yang mengemuka saat ini di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hasil survei SRS (Surabaya Research Syndicate), hasilnya Prabowo mendominasi unggul capai 43,8%.

Hal itu diungkap dan dipaparkan oleh Peneliti SRS Edwin Abdul melalui rilis survei bertajuk Arah Dukungan Warga NU dan Pemilih PKB di Jawa Timur Terhadap Bacapres Tiga Besar Pasca Deklarasi Pasangan Anies-Cak Imin, melalui Zoom, Jumat (15/9).

BACA JUGA: Elektabilitas Prabowo Di Jawa Timur Masih Teratas

“Sebanyak 43,8% responden mengaku memilih Prabowo, kemudian 39,7% menyatakan memilih Ganjar dan 15,2% menjatuhkan pilihan pada Anies. Sebanyak 1,3% responden menyatakan belum punya pilihan (undecided).” papar Edwin.

Artinya, dominasi Prabowo tetap signifikan ketika SRS membuat simulasi Pilpres hanya diikuti tiga capres saja.

Survei SRS ini dilakukan pada periode 3-12 September 2023 dengan menggunakan metode teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (Multistage Random Sampling).

BACA JUGA: Ratusan UMKM dan Kaum Difabel Kota Bandung-Cimahi Deklarasi Dukung Prabowo

Adapun, survei SRS ini menggunakan sampel sebanyak 1000 responden yang didistribusikan ke seluruh Kota/Kabupaten yang ada di seluruh Jawa Timur secara proporsional seperti Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Kabupaten Jember, Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Kemudian, Margin of Error dalam Survei SRS ini diketahui kurang lebih 3,1 persen dan pada tingkat kepercayaan (Level of Confidence) sebesar 95 persen.

BACA JUGA: Koalisi Indonesia Maju Godok Persiapan Pemilu 2024, Prabowo: Pesaing Kita Anggap Saudara

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close