BeritaNasionalPeristiwaPolitik

Pengamat Sebut Jokowi di Prediksi Berlabuh ke Golkar

BIMATA.ID, Jakarta – Selepas Joko Widodo (Jokowi) tidak lagi diakui sebagai anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), muncul banyak spekulasi tentang partai politik (parpol) mana yang akan dia pilih selanjutnya.

Pengamat politik, Warijo mengatakan, Partai Golkar sering disebut-sebut sebagai pilihan yang mungkin.

Bahkan, Ketua Umum (Ketum), Airlangga Hartarto, baru-baru ini menyatakan, bahwa Jokowi, dan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, telah menjadi bagian dari keluarga besar partainya.

Baca juga: Waketum PAN Sambut Baik Prabowo yang Silaturahi ke Berbagai Parpol

Namun, pernyataan ini dibantah langsung oleh Gibran yang menyatakan bahwa mereka belum secara resmi bergabung dengan partai manapun.

Warijo berpendapat, bahwa kemungkinan Jokowi, dan beberapa anggota keluarganya bergabung dengan Partai Golkar sangat tinggi.

Hal ini didukung oleh posisi Golkar sebagai runner-up setelah PDIP dalam konteks politik terkini, serta kebutuhan Jokowi untuk mendapatkan pengaruh dan kekuasaan lebih untuk dirinya dan keluarganya.

Lihat juga: Prabowo : Saya Dekat Dengan NU Sejak Masa Muda

“Besar peluangnya ke partai Golkar. Karena nggak mungkin lagi ke PDIP,” ujarnya kepada Media, pada Sabtu (27/04/2024).

Menurutnya, partai Golkar sendiri sudah menugaskan, dan merekomendasikan menantu dari Presiden Joko Widodo untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sumatera Utara (Sumut) yang akan digelar tahun ini.

Penugasan itu semakin memperkuat aroma bergabungnya sebagian besar keluarga Jokowi ke partai Golkar.

Simak juga: Prabowo Fokus Persiapkan Diri Jelang Oktober: Agar Tak Ada Waktu Terbuang

Sedangkan untuk PSI, Warjio menjelaskan walaupun Ketum PSI merupakan anak Jokowi namun tidak ada kekuasaan yang bisa dilakukan oleh partai berlogo mawar itu.

Pasalnya, PSI tidak mampu masuk parlemen. Sehingga, tidak ada pengaruh yang bisa dilakukan PSI dalam lima tahun mendatang.

Sebelumnya, Komaruddin Watubun, Ketua Dewan Kehormatan PDIP menegaskan bahwa Joko Widodo dan anaknya yaitu Gibran Rakabuming Raka sudah bukan lagi kader partai berlogo banteng itu.

Selengkapnya: Sufmi Dasco Pastikan Prabowo Akan Tuntaskan Tugasnya Sebagai Menhan

Keputusan terkait Gibran sudah diambil sejak pencalonannya sebagai Wakil Presiden berdampingan dengan Prabowo Subianto.

Sekedar informasi, Airlangga Hartarto juga sudah membicarakan peluang Presiden Joko Widodo, dan Gibran Rakabuming untuk bergabung dengan partainya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close