BeritaNasionalPolitik

Pengamat: Khofifah Jadi Titik Temu Koalisi Jelang Pilkada 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat menyebut mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim),  Khofifah Indar Parawansa menjadi titik temu koalisi antar partai politik (parpol) yang berbeda kubu dalam Pilpres 2024 untuk Pilkada 2024.

“Saya kira sih memang Bu Khofifah ini jadi titik temu, ya, buat PDI Perjuangan, buat PKS, buat yang lain di daerah,” kata Cecep dalam keterangannya, Jumat (05/04/2024).

Menurutnya, potensi koalisi dari parpol yang berbeda kubu di Pilpres 2024 untuk mengusung Khofifah di Pemilihan Gubernur, dan Wakil Gubernur Jatim memang terbuka dengan melihat pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Baca juga: Gibran Akan Beri Informasi Jika Ada Pertemuan Antara Prabowo dan Megawati

“Ini ‘kan pengalaman dari sebelum-sebelumnya ketika koalisi yang terbentuk itu bukan koalisi yang atas dasar kesamaan ideologis, melainkan lebih pragmatis. Jadi, karena kesamaan kepentingan atau yang lain sehingga koalisinya nggak permanen, koalisi jangka pendek semua,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kata dia, koalisi seperti itu dimungkinkan dalam Pilkada 2024 diselenggarakan serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengakui partainya mencoba berkomunikasi dengan Khofifah terkait Pilkada 2024.

Lihat juga: Prabowo dan Menhan Malaysia Sepakat Menjaga Stabilitas di Kawasan Dua Negara

“Komunikasi-komunikasi politik untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik, termasuk di Jawa Timur berkomunikasi dengan Mbak Khofifah. Bagaimanapun beliau mantan Gubernur Jawa Timur,” kata Hasto di kawasan Menteng, Jakarta, pada Senin (01/04/2024).

Sebelumnya, partainya telah melakukan pemetaan secara menyeluruh untuk menghadapi Pilkada 2024.

“Jadi, pilkada kami lakukan suatu pemetaan secara menyeluruh, tetapi detail setiap daerah. Jawa Timur, kemudian Jawa Tengah, Bali, dan seluruh wilayah Indonesia kami lakukan pemetaan karena beda ruang lingkupnya antara pilpres dan pilkada,” jelasnya.

Simak juga: Syukuran Kemenangan Prabowo-Gibran, Barisan RFG Santuni Anak Yatim

Sekedar informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi meluncurkan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (31/03/2024) lalu.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close