BeritaNasionalPeristiwaUmum

Rekam Jejak Ajudan Prabowo Jadi Wadanyonif Para Rider

BIMATA.ID, Jakarta- Mayor Teddy Indra Wijaya mendapatkan promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Batalyon Infantri (Wadanyonif) Para Rider 328/Dirgahayu.

Mutasi jabatan terhadap ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu tertuang dalam Keputusan Kepala Staf TNI AD (KSAD) nomor 137/II/2024 tanggal 24 Februari 2024.

BACA JUGA: Gibran Harap Pemimpin Solo Selanjutnya Dapat Membangun Kota Seperti Dirinya

Melalui mutasi jabatan itu, Teddy bakal menggantikan posisi Mayor Inf Ade Fian yang dipercaya menjabat sebagai Pasiops Sops Divif 1 Kostrad.

“Mayor Inf Teddy menjadi Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu, Brigif Para Raider 17/Divif 1/Kostrad,” kata Kadispend Brigjen Kristomei Sianturi saat dikonfirmasi, Selasa (12/3).

Merujuk sejumlah sumber, Teddy tercatat sebagai lulusan dari SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Militer dan lulus pada 2011.

Kiprahnya kemudian dimulai saat menyandang pangkat Letnan Satu dan terpilih dalam seleksi untuk menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi. Dalam keterangan resmi TNI, Teddy dipercaya menjadi asisten ajudan Presiden Jokowi pada 2014 hingga 2019.

BACA JUGA: Foto Prabowo-Gibran dalam Bingkai Sudah Diproduksi dan Diperjualbelikan di Marketplace

Setahun berselang, dikutip dari situs resmi TNI AD, Teddy yang saat itu berpangkat Kapten berhasil meraih tab ranger. Lewat capaian tersebut, Teddy meraih kualifikasi sebagai Pasukan Elite US Army Ranger.

Atase Militer Darat RI untuk Amerika Serikat saat itu, Kolonel Hendri mengatakan Ranger School merupakan program sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat AS untuk menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75.

Dalam Ranger School yang diikuti Teddy, terdapat setidaknya 412 siswa US Army dan 6 siswa negara asing yang berasal dari Jerman, Ukraina, Indonesia, Arab Saudi, Kanada, Belanda.

Mereka dites meliputi kemampuan individual dalam fisik, navigasi darat, Ranger Tactical Test yang diuji dalam tahap RAP Week, serta penilaian Leadership in Patrol, Peer evaluation

“Siswa yang tidak memenuhi standar akan langsung didrop/dikeluarkan pada setiap harinya, recycle atau mengulang tahap sebelumnya, ataupun mengulang dari hari pertama yaitu Day 0,” kata Hendri saat itu.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Apresiasi Ucapan Selamat dari Presiden Palestina

Perwira TNI AD lainnya yang berhasil lulus Ranger School seperti Teddy ini di antaranya Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Letjen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan, Letjen (Purn) Nugroho Widyatomo, Letjen (Purn) Syaiful Rizal, serta beberapa perwira muda lain.

Pada tahun yang sama, Teddy yang saat itu ditempatkan dalam satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ditunjuk sebagai ajudan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Namanya kemudian mulai semakin dikenal publik ketika turut mengawal Prabowo yang menjadi salah satu kontestan dalam Pilpres 2024.

Teddy juga sempat menjadi sorotan publik lantaran mengenakan pakaian yang sama seperti pendukung pasangan Prabowo-Gibran saat debat perdana Pilpres 2024 pada 12 Desember lalu.

BACA JUGA: Jakarta Bukan Basis Anies, Prabowo Gibran Memimpin

Namun, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan kehadiran Teddy dalam acara itu karena melekat mengikuti agenda Prabowo. Julius juga menyebut Teddy tidak mewakili institusi TNI. Selain itu, kehadiran Teddy juga dinilai bukan karena kepentingan pribadi.

“Dia hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi. Ajudan melekat ikut kegiatan Menhan,” kata Julius lewat pesan singkat, Senin (18/12).

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close