BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei LSI: Simulasi Pilpres Dua Nama Prabowo Unggul Lawan Anies

BIMATA.ID, JAKARTA — Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat Prabowo Subianto unggul atas dua lawannya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dalam simulasi pilpres dua nama. Keunggulan Prabowo itu diketahui dari hasil survei pada 16—18 Oktober 2023.

“Prabowo Subianto unggul telak atas Anies Baswedan dengan 54,8 persen dan Anies 23,8 persen serta 21,3 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam survei yang dipantau di Jakarta, Ahad (22/10/2023).

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Bakal Daftar di KPU Rabu 25 Oktober

Dalam paparan survei dengan tema Sikap Publik terhadap Putusan MK dan Dampaknya terhadap Dukung Politik dalam Pemilu 2024, Djayadi ​​​​​​mengatakan, bahwa basis Ganjar akan berpindah ke kubu Prabowo sebesar 49,9 persen, sedangkan yang pindah ke kubu Anies 18,1 persen, kemudian yang belum menentukan pilihan 32 persen. Pada simulasi Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo, Prabowo juga unggul atas Ganjar dengan dukungan 48,9 persen dan Ganjar Pranowo 32,9 persen serta 18,3 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Dalam simulasi tersebut, suara Anies Baswedan akan pindah ke kubu Prabowo sebesar 54,2 persen dan 16,3 persen ke kubu Ganjar Pranowo serta 29,6 persen tidak menjawab atau tidak tahu. Dalam simulasi dua nama antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Ganjar unggul dengan angka 47,2 persen dan Anies Baswedan meraih 33,1 persen serta 19,7 persen responden tidak menjabat atau tidak tahu.

BACA JUGA: Gibran Rakabuming Raka Resmi Jadi Bacawapres Prabowo di Pilpres 2024

Jika Anies berhadapan dengan Ganjar, basis Prabowo Subianto akan ke kubu Ganjar sebesar 45 persen dan yang pindah ke kubu Anies 38,7 persen serta 19,8 persen tidak menjawab atau tidak tahu. Survei ini melibatkan 1.229 responden yang telah memiliki hak pilih. Penentuan sampel dengan metode metode random digit dialing (RDD).

Responden diwawancarai melalui sambungan telepon oleh pewawancara yang terlatih. Adapun toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA: Kesan Warga Bertemu Prabowo di Surabaya: Baik, Menerima dan Ikhlas

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close