BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

SBY dan Prabowo Semobil Saat HUT Ke-78 TNI

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta. SBY mesra dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selama perayaan HUT ke-78 TNI.
Upacara dan perayaan HUT ke-78 TNI digelar di Monas, Jakarta, Kamis (5/10/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dan memberikan pidato.

BACA JUGA: Prabowo Dinilai Pemimpin Sportif Dalam Berkompetisi

SBY mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) TNI AD dengan bintang empat di pundaknya. Sementara Prabowo mengenakan pakaian jas dengan peci hitam.

SBY dan Prabowo terlihat bareng naik satu mobil golf saat hendak menghadiri upacara dan peringatan HUT ke-78 TNI. SBY duduk di sebelah kiri, sedangkan Prabowo duduk di sebelah kanan.

SBY dan Prabowo duduk bareng di bagian tengah mobil golf, keduanya disopiri seorang anggota TNI. Sedangkan dua pria lain duduk di bagian belakang, memunggungi SBY dan Prabowo.

Kemesraan SBY dan Prabowo tak hanya berhenti saat naik mobil golf. Mantan Menko Polhukam dan eks Danjen Kopassus itu terlihat duduk bersebelahan saat upacara dan perayaaan HUT ke-78 TNI.

BACA JUGA: Isu Ditampar Prabowo, Wamentan: Enggak Ada Sama Sekali

SBY kini menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD), partainya mendukung Prabowo di Pilpres 2024. Ketum Partai Gerindra Prabowo turut didukung partai parlemen lainnya, yakni Golkar dan PAN.

Selain SBY dan Prabowo, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri terlihat hadir di upacara dan perayaaan HUT ke-78 TNI. Megawati didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, keduanya duduk sederet dengan SBY dan Prabowo

Untuk diketahui, perayaan HUT ke-78 TNI, yang setiap tahunnya diperingati pada 5 Oktober. Sejumlah persiapan menyambut puncak acara dilakukan sejak pekan lalu.

BACA JUGA: Ketua Relawan YIM Sebut Prabowo Butuh Sosok Yusril Untuk Dampingi di Pilpres 2024

Upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 alutsista. Kekuatan pasukan upacara parade terdiri dari kelompok panji-panji, 1 brigade gabungan (1 yon POM, 1 yon Wan TNI dan 1 yon taruna Akademi TNI), 1 brigade, 1 brigade TNI AL, 1 brigade TNI AU, 1 yon gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk defile pasukan dan alutsista terdiri dari 1 yon drumband gabungan taruna Akademi TNI, kelompok panji-panji, 1 brigade gabungan (1 yon POM, 1 yon Wan TNI dan 1 yon taruna Akademi TNI), 1 brigade TNI, 1 brigade TNI AD, 1 brigade TNI AL, 1 brigade TNI AU, 1 yon gabungan Komcad dan Komduk, 1 kompi pasukan tactical dan pok pers veteran.

Demo udara juga akan dilakukan pada HUT ke-78 TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara pada 5 Oktober 2023. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

BACA JUGA: Survei LSI: Head to Head, Prabowo Menang Telak Capai 50,2% versus Anies 26%

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close