BeritaHukumNasionalPolitikRegional

Bawaslu Ingatkan Hati-Hati Jarimu Harimaumu Di Depan Ribuan Calon Perwira Setukpa Lemdiklat Polri

BIMATA.ID, Sukabumi – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja menjadi narasumber Ceramah Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke-52 di Sukabumi, Jawa Barat, pada beberapa waktu lalu.

Di hadapan ribuan calon perwira polisi, Rahmat Bagja menegaskan untuk tidak melakukan pelanggaran netralitas Polri. Salah satunya, dia menyebutkan dengan menyukai, memberikan komentar dan membagikan postingan media sosial (medsos) peserta pemilu ke publik.

Tidak hanya itu, Bagja meminta untuk baik TNI/Polri dan ASN hati-hati dalam bermedia sosial contohnya seperti berfoto atau berpose yang mengarah keberpihakan pada calon peserta pemilu. Dia berharap Kepolisian dapat netral dan tidak berpihak dalam mengawal Pemilu.

“Hati-hati dulu orang berkata mulutmu harimaumu, sekarang jarimu harimaumu. Jangan like, komentar and share (terkait dukungan) calon presiden tidak boleh polisi harus menjaga itu,” tegas Bagja, dikutip dari website resmi Bawaslu RI, Rabu (27/9).

Baca Juga : Dukung di Pemilu 2024, EMAS PS 08: Kami Siap Turun Langsung Sosialisasikan Pak Prabowo!

Bagja menyampaikan media sosial akan menjadi sasaran empuk dalam Pemilu 2024, untuk wadah melakukan pelanggaran. Namun, dirinya optimis kalau Pemilu 2024 tidak akan sekompleks sebelumnya karena telah dilakukan mitigasi terlebih dahulu.

“Semoga bapak ibu orang-orang yang tidak melakukan pelanggaran netralitas ASN, jaga media sosial masing-masing. Jangan di tiktok joget melambangkan angka dan lainnya, terlebih sedang pakai pakaian dinas harus hati-hati,” tegas alumnus Universitas Indonesia itu.

Atas hal tersebut, Bagja menyampaikan celah pelanggaran akan terus ada sehingga perlu dilakukan kerja bersama, terutama saat ini ada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu). Dia berharap atas kerja sama ini polisi dapat terus mendukung Pemilu yang damai.

Simak Juga : Relawan Aspirator Indonesia Emas Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

“Kami butuh Polri untuk membantu Bawaslu, teman-teman yang akan mengawali dan menemani Bawaslu dalam melakukan berbagai hal penanganan tindak pidana dan pelanggaran lainnya,” ujar Bagja.

Dalam acara ini, hadir pula Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto beserta jajaran Polri, Ketua Bawaslu Jabar, Zacky Muhammad Zamzam dan Ketua Bawaslu Kota Sukabumi Yesti Yustia Asih.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close