BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

PSI dan PKN Buka Suara Terkait Kode Partai Merah Putih Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jakarta- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) angkat suara terkait kode partai merah putih, calon pendukung baru bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kode partai berwarna merah putih sebelumnya disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat ditanya warna partai calon pendukung baru anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo.

BACA JUGA: PSI dan PKN Respon Soal Kode Partai Merah Putih yang Bakal Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Juru Bicara PSI, Sigit Widodo membantah jika partainya disebut akan segera mendukung Prabowo. PSI, kata dia, hingga saat ini belum menentukan arah dukungan di Pilpres.

“Saat ini PSI masih belum melabuhkan dukungan ke salah satu capres. Kami masih mencermati koalisi yang masih sangat cair dan bisa berubah setiap saat,” kata Sigit, Senin (9/10).

Di sisi lain, dia menyebut PSI saat ini masih mencermati dinamika koalisi yang dianggap masih cair. Selain itu, pihaknya juga masih menunggu sosok cawapres dari dua bakal capres yang belum diumumkan.

BACA JUGA: Relawan Samawi Deklarasi Dukung Prabowo: Kaum Sarungan Tegak Lurus Pak Jokowi

Dia pun menegaskan bahwa PSI masih terbuka mendukung semua poros capres atau koalisi yang ada saat ini.

“Sementara kami masih terbuka untuk mendukung siapapun,” kata Sigit.

Sementara, Ketua Majelis Agung Partai Kebangkitan Nasional (PKN), I Gede Pasek menyebut partainya saat ini belum menentukan dukungan capres. Menurut Pasek, PKN masih menunggu pengumuman cawapres hingga final.

Dia menyebut keputusan dukungan capres oleh PKN akan diputuskan lewat rapat Majelis Agung. Sementara, rapat tersebut baru akan digelar saat masa pendaftaran di KPU telah dibuka.

BACA JUGA: Ogah Diinjak-injak Asing, Prabowo: Kita Tak Mau Perang tapi Negara Harus Kuat

“Kiat belum jadwalkan. Menunggu drama politik pilpres selesai menuju pendaftaran. Sekarang masih belum jelas pasangan semua capresnya dan juga koalisinya,” kata Pasek saat dihubungi.

Kode partai merah putih disampaikan Dasco menyusul pernyataan Ketua Umumnya, Prabowo yang mengungkap bakal ada partai calon anggota baru KIM. Namun, Prabowo tidak menjelaskan lebih lanjut soal partai tambahan yang bakal bergabung itu.

“Insya Allah sebentar lagi akan ada yang menyusul, dan kami akan menerima siapa pun mendukung,” kata Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Sabtu (7/10) malam.

Prabowo saat ini telah didukung tujuh partai untuk maju di Pilpres 2024. Mereka adalah Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda.

BACA JUGA: Dicanangkan Prabowo, Ini Negara-negara yang Pernah Terapkan Makan Siang Gratis untuk Rakyat

Sementara di luar parlemen, partai yang belum menentukan sikap yakni, PSI yang dipimpin Kaesang Pangarep dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN) pimpinan Anas Urbaningrum. Logo kedua partai itu didominasi warna merah putih.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close