Politik

Dicanangkan Prabowo, Ini Negara-negara yang Pernah Terapkan Makan Siang Gratis untuk Rakyat

BIMATA.ID, Jakarta – Bakal calon presiden Prabowo Subianto bertekad menghilangkan kemiskinan bila dipercaya masyarakat untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Menurut Prabowo, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memenuhi gizi ibu hamil dan anak sekolah, melalui program pemberian makan siang gratis untuk mencegah stunting.

“Kita akan hilangkan kurang gizi, stunting. Caranya kita akan beri makan siang untuk semua anak Indonesia dan ibu-ibu yang sedang hamil,” kata Prabowo saat menghadiri deklarasi dukungan Relawan Setia Prabowo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

“Semua anak di sekolah dan di pesantren swasta dan negeri,” sambungnya.

Prabowo mengatakan, kebijakan perbaikan gizi yang ia canangkan sebetulnya mungkin dilakukan. Apalagi, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat mumpuni untuk menunjang langkah tersebut.

“Kekayaan kita harus dirasakan seluruh rakyat Indonesia,” kata Prabowo.

Kebijakan penyediaan makanan juga telah diterapkan oleh beberapa negara seperti Inggris, yang menjadikan akses makanan bergizi di sekolah menjadi agenda penting yang harus dilaksanakan.

Brasil juga menjadi contoh negara yang menyediakan makanan gratis bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah sejak tahun 1940-an.

Pada 1943, Finlandia juga menerapkan kebijakan pemberian makan gratis yang hingga saat ini telah dirasakan oleh hampir sejuta anak sekolah dasar hingga menengah.

Sedangkan di Asia, India adalah negara yang turut mencanangkan program makan siang gratis untuk anak berusia 6-14 tahun, sejak 1995. Program tersebut dilakukan negara tersebut untuk memenuhi gizi anak, mengurangi kelaparan dan angka stunting.

[HW]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close