BeritaKesehatanRegional

Posyandu Kabupaten Kudus Dituntut Kuasai Kompetensi Dasar Kesehatan

BIMATA.ID, Kudus – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), telah memberikan pelatihan pemantauan tumbuh kembang balita sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas kader posyandu karena nantinya mereka harus menguasai 25 kompetensi dasar pelayanan kesehatan.

“Kompetensi dasar kesehatan tersebut, merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI terkait transformasi kesehatan sehingga kemampuan masing-masing kader posyandu di Kudus perlu ditingkatkan,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Kudus, Nuryanto di Kudus, pada Senin (16/10/2023).

Menurutnya, posyandu merupakan pelayanan kesehatan yang melibatkan masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat, sehingga sangat dibutuhkan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, di antaranya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

Baca juga: Gerindra: Cawapres Prabowo Diumumkan Senin atau Selasa

Selain itu, sudah sebanyak 120 kader posyandu dari 132 Desa/Kelurahan yang ada di sembilan kecamatan di Kudus diberikan pelatihan, dan pemutakhiran cara dalam pencatatan ukur timbang bayi dan pemeriksaan ibu hamil pada buku kesehatan ibu dan anak (KIA), agar tingkat kesehatan masyarakat di Kudus semakin meningkat.

Maka dari itu, perlu ditingkatkan, dan nantinya mereka wajib menguasai 25 kompetensi dasar tentang ibu hamil, ibu menyusui, balita, remaja hingga lansia.

“Kompetensi dasar tersebut juga bagian dari program sertifikasi kompetensi kader posyandu,” ujarnya.

Lihat juga: Projo Dukung Prabowo Capres, Gerindra: Penyemangat Kami

Sebagai informasi, kompetensi dasar kesehatan tersebut, di antaranya terkait pemantauan pertumbuhan, penggunaan alat antropometri, memberikan konsultasi terkait gizi, memberikan pengarahan pada remaja, penyuluhan keluarga berencana, dan lainnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close