BeritaPolitik

Demokrat Tunggu Ketegasan Jokowi Soal Wacana Penundaan Pemilu

BIMATA.ID, Jakarta – Deputi Bappilu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengungkapkan, Partai Demokrat mengapresiasi ketegasan Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menolak wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu) dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode.

Partai Demokrat masih menunggu ketegasan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dalam menindak anak buahnya yang mewacanakan penundaan Pemilu atau presiden tiga periode.

“Kami mengapresiasi ketegasan dan keteguhan sikap Ibu Megawati merespons manuver politik penundaan Pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden dan wakil presiden 3 periode,” ungkap Kamhar, Kamis (21/04/2022).

Kamhar menilai, sikap Megawati sesuai dan relevan dengan predikat yang diberikan Sekretariat Negara (Setneg) kepadanya sebagai Ibu Penegak Konstitusi. Ia menyebut, hal ini menunjukkan sikap kenegarawanan Megawati.

“Kami menghormati sikap kenegarawanan Bu Mega yang tidak tergoda dengan pragmatisme politik transaksional untuk mendukung skenario pelanggengan kekuasaan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengakui, Presiden Jokowi sudah merespons kedua wacana tersebut. Namun, wacana itu tampaknya belum benar-benar tutup buku.

“Masih mencoba mencari peluang yang disuarakan kembali Ketum Parpol koalisi pemerintah dan relawan Jokowi. Publik saat ini menunggu keseriusan dan ketegasan Pak Jokowi untuk menindak tegas para pembantunya yang telah menjadi motor penggerak dan ikut mewacanakan ini,” terang Kamhar.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri menegaskan, pihaknya menolak penundaan Pemilu 2024. Menurutnya, Pemilu 2024 berjalan sesuai dengan aturan agenda yang telah disepakati, yakni 14 Februari 2024.

“Makanya saya tegas mengatakan sebagai ketua partai, No!. Nggak ada penundaan sama sekali, tetap berjalan dengan apa adanya,” tutur Megawati, saat memberikan sambutan dalam kegiatan ‘Kick Off & Talkshow Pembentukan BRIDA’ yang ditayangkan akun YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/04/2022).

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close