BeritaHukumInovasiInternasionalUmum

PMJ Sebut Ungkap Modus Baru Sabu Cair ke Dalam Semir Sepatu

BIMATA.ID JAKARTA Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap adanya modus baru Penyelundupan narkotika ke Indonesia dengan cara memasukkan sabu cair ke dalam semir sepatu.

Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki mengatakan bahwa pengungkapan kasus tersebut dilakukan bersama dengan Bea Cukai.

“Ada modus baru pengiriman yang terakhir kita ungkap bersama Bea Cukai dikirim melalui semir cair yang di dalamnya ada sabu cair,” ujar Hengki dalam sambutannya di kegiatan pemusnahan narkotika di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/10/2023).

Hengki menuturkan penyelundupan sabu itu dilakukan dengan memasukkan ke dalam kemasan paket semir sepatu dengan pelaku warga negara asing asal Nigeria.

“Dikemas dengan seolah-olah ada pengiriman paket semir. Nah masuknya dikemas dengan kemasan yang mungkin menyulitkan dideteksi saat di bandara, di pelabuhan. Seperti ini, ada sabu tapi di luarnya semir sepatu. Nah sabunya disimpan di dalam semir sepatu warna hitam,” ujarnya.

“Melibatkan tersangkanya ada orang asing adapun orang warga negara kita. Itu ada dari Nigeria. Kerja sama dengan ada kurir yang ada di negara kita,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Hengki menyampaikan bahwa pihaknya masih mendalami kasus tersebut dan akan melakukan antisipasi berbagai modus penyelundupan narkotika, termasuk di jasa ekspedisi.

“Kita ajak mereka kerja sama untuk mendeteksi peredaran narkoba ini, mereka yang mengirimkan paket ini melakukan pengecekan secara manual, dibuka barang-barang yang akan dikirim,” tutupnya.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close