BeritaPolitikRegional

Antisipasi Konflik, Polres Madiun Siap Amankan Pemilu 2024

BIMATA.ID, Madiun – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Madiun siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) sebagai upaya mengantisipasi berbagai potensi konflik dan kerawanan politik yang mungkin timbul.

Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo mengatakan, sispamkota digelar dengan melibatkan jajaran Polri, TNI, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun, dan perwakilan dari berbagai partai politik, serta unsur lainnya.

“Kegiatan Sispamkota Pemilu 2024 ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam memastikan keamanan selama proses pemilu. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Brimob, dan instansi pemerintah terkait, untuk memastikan bahwa proses pemilu berjalan aman dan tertib,” ujar AKBP Anton di Madiun, pada Senin (16/10/2023).

Baca juga: Gerindra: Cawapres Prabowo Diumumkan Senin atau Selasa

Selain itu, untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilu, sispamkota juga bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi.

Kegiatan sispamkota juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapan personel gabungan Polri dan TNI selama menjelang, pelaksanaan, hingga sesudah Pemilu 2024.

“Pada sispamkota, diharapkan semua peserta bisa melaksanakan tugasnya sesuai SOP dalam pengamanan dan tindakan kepolisian sebagai upaya pencegahan sampai dengan penegakan hukum,” ujarnya.

Lihat juga: Projo Dukung Prabowo Capres, Gerindra: Penyemangat Kami

Kapolres menekankan, bahwa keamanan, dan ketertiban selama proses pemilu sangat krusial, dan Polres Madiun siap untuk melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Bawaslu Kabupaten Madiun juga turut berperan penting dalam memastikan integritas dan transparansi pemilu. Perwakilan dari partai politik juga ikut serta dalam kegiatan tersebut untuk memantau proses persiapan pemilu dan memastikan bahwa pemilu berjalan dengan adil.

Sementara, dalam gladi sispamkota diperagakan simulasi pengamanan berbagai tahapan Pemilu 2024. Peragaan simulasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman yang bersifat spontan pada Pemilu 2024.

Simak juga: Gerindra Kabupaten Bogor Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Simulasi pengamanan pemilu dilakukan dengan pengamanan di TPS, penanganan konflik potensial, serta pengendalian kerumunan massa. Kegiatan juga mencakup respon cepat terhadap situasi darurat dan penanganan berbagai permasalahan keamanan yang mungkin muncul selama proses Pemilu.

“Dengan gelaran simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) diharapkan setiap tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Madiun berjalan aman, lancar, dan kondusif,” harapnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close