BeritaEkonomiRegional

Tinjau Pasar Johar, Mendag: Pemerintah Terus Upayakan Stabilisasi Harga Beras

BIMATA.ID, Semarang – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (26/09/2023).

Dalam kunjungannya, Zulhas mengatakan, bahwa pemerintah tengah menjalankan berbagai upaya untuk menjaga stabilisasi harga beras.

Diketahui, dalam upaya tersebut ditempuh melalui berbagai program seperti bantuan pangan pemerintah, dan pasar murah yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

Baca juga: Relawan Aspirator Indonesia Emas Deklarasi Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Mendag Zulhas menekankan, pemerintah berkomitmen memastikan ketersediaan beras bagi masyarakat.

“Saya sudah berkeliling Indonesia serta intens berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog untuk memastikan masalah beras terkendali. Stabilisasi harga beras di daerah pun disinergikan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Pemerintah memiliki program bantuan pangan yaitu 10 kilogram beras per keluarga untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat yang dijalankan pada September sampai November 2023. Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggelar pasar murah. Mudah-mudahan, harga beras dapat berangsur-angsur turun,” kata Mendag Zulhas meninjau pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Selasa (26/09/2023).

Sambungnya, pada saat ini cadangan beras Bulog berada di taraf cukup sebanyak 1,6 juta ton. Sehingga, Zulhas menyampaikan, agar untuk masyarakat tidak perlu khawatir.

Lihat juga: DPC Kota Kediri Gelar Konsolidasi, Dukung Pemenangan Prabowo di 2024

“Tidak usah khawatir, stoknya banyak. Saat ini Bulog punya 1,6 juta ton beras dan akan masuk lagi 400 ribu ton. Jadi, berasnya banyak,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam pemantauan itu, telah ditemukan harga beras medium stabil di Rp13.000/kg, kemudian beras premium stabil di Rp14.000/kg, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng curah Rp13.050/liter, minyak goreng kemasan Rp18.000/liter, MINYAKITA Rp14.000/liter, tepung terigu Rp13.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp38.000/kg, telur ayam ras Rp25.000/kg, dan bawang putih kating Rp32.000/kg.

Sekedar informasi, dalam peninjauan tersebut, turut hadir (Pj) Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana. Sementara itu, serta Mendag Zulhas yang juga didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Sekjen Kemendag), Suhanto.

Simak juga: Koalisi Indonesia Maju Situbondo Siap Menangkan Prabowo Presiden

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close