BeritaRegional

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Kodim 1423 Soppeng Lakukan Karya Bakti

BIMATA.ID, Soppeng, — Dalam upaya mengapresiasi Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2024, jajaran Kodim 1423/Soppeng turut serta dalam kegiatan Karya Bakti di Sungai Lapajung, Kelurahan Lapajung, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng. 

Kegiatan ini, yang bertemakan “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”, dipimpin oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1423/Soppeng, Mayor Inf Drs. Baso Ratulangi, M.M.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan anggota Kodim, serta sekitar 25 pegawai dari PUPR Kabupaten Soppeng dan mahasiswa KKN dari Universitas Lamappapoleonro Kabupaten Soppeng, menambah semangat dan kebersamaan dalam menjalankan program tersebut.

Mayor Inf Drs. Baso Ratulangi, M.M menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari perintah Panglima Kodam XIV/HSN Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S. Ip, sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan serta kelestariannya. 

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai-sungai yang merupakan aset penting bagi masyarakat,” ujarnya, Jumat (23/02/2024).

Salah satu sasaran utama kegiatan ini adalah pembersihan sekitar Sungai Lapajung sepanjang 300 meter serta pengambilan sampah plastik yang dapat mengganggu aliran sungai. 

Menurut Mayor Inf Drs. Baso Ratulangi, M.M, langkah ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan, tetapi juga untuk meminimalisir dampak banjir dan mencegah penyebaran penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), yang dapat dipicu oleh penumpukan sampah di sungai.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat mempererat hubungan antara TNI, khususnya Kodim 1423/Soppeng, dengan Pemerintah setempat serta masyarakat. Hal ini merupakan upaya nyata dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” tutup Mayor Inf Drs. Baso Ratulangi, M.M.

ALAM ABRAH

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close