BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Tetapkan Ribuan Personel Komcad, Prabowo Bawa Pesan Jokowi: Siapkan SDM Unggul dan Patriotik

BIMATA.ID, Batujajar – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi menetapkan 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad) dalam upacara penetapan Komcad di Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jumat (11/8).

Sebagai inspektur upacara, Prabowo dalam amanatnya membawa 10 pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bersifat petunjuk untuk personel Komcad.

BACA JUGA: Pengamat Politik: Pidato Prabowo Tentang Kiprah Slamet Riyadi Kode Untuk Gibran

Salah satunya adalah pengembangan kemampuan sumber daya manusia yang unggul hingga modernisasi alutsista untuk ketiga matra.

“Kita harus terus mengembangkan kemampuan dan pertahanan negara, menyiapkan SDM unggul, tangguh dan patriotik, serta modernisasi alutsista ketiga matra,” pesan Prabowo.

Selain itu, lanjut Prabowo, pertahanan sebuah negara tidak cukup hanya dilakukan oleh militer konvensional, tetapi menjadi kewajiban seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membela bangsa dan negara.

Ia menambahkan, konsep kesemestaan harus diterapkan dengan meningkatkan setiap warga negata sebagai Komcad yang nantinya dapat dimobilisasi sewaktu waktu untuk kepentingan pertahanan negara.

BACA JUGA: Momen Menhan Prabowo dan Wali Kota Solo Gibran Semobil Hadiri Hari Veteran Nasional

“Kita sudah memiliki Komcad dari tiga matra untuk strategi pertahanan memperkuat kapasitas komponen utama, untuk keadaam negara darurat militer atau perang,” ucap Prabowo.

Penetapan Komcad telah dilakukan sejak tahun 2021, di mana hingga tahun 2023, Indonesia telah memiliki sebanyak 8.574 personel. Sebelum dilantik menjadi Komcad, mereka terlebih dahulu menempuh pendidikan latihan dasar militer (latsarmil) selama tiga bulan.

Untuk angkatan tahun 2023, Kementerian Pertahanan (Kemhan) sebelumnya telah membuka pendaftaran Komponen Cadangan sejak 2 Januari-14 April 2023 untuk tiga matra, yakni matra darat, laut, dan udara.

BACA JUGA: Cegah Stunting, Anak Buah Prabowo Gelar Revolusi Putih di Jawa Barat

Pelaksanaan Latsarmil Komcad 2023 tiap matra dilaksanakan di tempat berbeda. Latsarmil Komcad Matra Darat dilakukan di Rindam I Bukit Barisan Sumatera Utara, Rindam IX/Udayana Bali, Rindam XIII/Merdeka Sulawesi Utara, dan Rindam XVII/Kasuari Papua Barat.

Kemudian, Latsarmil Komcad Matra Laut dilaksanakan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) di Surabaya, Jawa Timur. Sementara Latsarmil Komcad Matra Udara dilaksanakan di Wingdik 800/PASGAT di Bandung, Jawa Barat.

Merujuk pada UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

BACA JUGA: Boyong Dua Putranya, Hotman Paris Temui Prabowo di Kemenhan

Komcad adalah program sukarela atau tidak wajib yang diamanatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2019. Sehingga Komcad sendiri bukanlah wajib militer.

Setelah dilatih dan ditetapkan, mereka kembali ke masyarakat sesuai profesi masing–masing dengan status sebagai orang sipil.

Mobilisasi Komcad pun hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara.

BACA JUGA: Survei UMM: Elektabilitas Prabowo Tertinggi di Jawa Timur, Tinggalkan Ganjar dan Anies

Upacara penetapan Komcad tahun ini turut dihadiri oleh sejumlah atase pertahanan (athan) negara sahabat, di antaranya dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Iran, Malaysia, serta Timor Leste.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close