BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Peringati HUT RI, Novita Wijayanti: Ekonomi, Pendidikan, Nasionalisme Jadi Esensi Kemerdekaan

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota DPR RI Novita Wijayanti mengucapkan, selamat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun kepada seluruh rakyat Indonesia dimana pun berada.

Novita berpandangan, peringatan kemerdekaan harus dimaknai sebagai simbol penting bagi kedaulatan dan kemajuan bangsa, serta menjadi pengingat akan nilai-nilai kebebasan, persatuan, dan keragaman.

BACA JUGA: Airlangga Sebut Kepemimpinan Prabowo Mampu Loloskan Negara dari Middle Income Trap

“Kita merayakan kemampuan bangsa untuk bersatu dalam keragaman dan mengatasi berbagai tantangan secara bersama-sama,” kata Novita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Rabu (16/8/2023).

“Peringatan ini juga mengingatkan kita akan pentingnya untuk terus menjaga kedaulatan negara dan terus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia (HAM),” tambahnya.

Tidak hanya itu, sambung Novita, esensi kemerdekaan juga harus dapat dimaknai di setiap bidang kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Diantaranya, di bidang ekonomi, kemerdekaan menandai kemampuan sebuah negara untuk mengatur dan mengembangkan ekonominya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Prabowo: ‘Jokowinomics’ Aplikasi Nyata dari Ekonomi Pancasila

“Penguatan ekonomi domestik harus terus dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang kita miliki agar semangat berusaha masyarakat terus tumbuh dan ekonomi terus bergerak. Inilah saatnya kita sebagai anak bangsa merealisasikan bela negara lewat berbagai upaya memperkuat sektor ekonomi untuk melindungi bangsa ini dari ancaman krisis ekonomi global”.

Dengan kemerdekaan ekonomi, negara dapat mengoptimalkan sumber daya, merangsang pertumbuhan industri, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan taraf hidup warga negaranya, papar legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap, Jawa Tengah ini.

Di bidang pendidikan, lanjut Novita menghimbau perlu peningkatan kualitas pada sistem pendidikan dan pendidikan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Sebab, harus disepakati bersama bahwa pendidikan merupakan investasi penting bagi sebuah negara.

Investasi dalam pendidikan, kata Novita juga akan menciptakan fondasi kokoh untuk perkembangan berkelanjutan, mengarah pada kemajuan sosial, budaya, dan ekonomi yang lebih besar.

BACA JUGA: Survei SRS: Prabowo Menguasai Jawa Timur, Suara Nahdliyin Beralih ke Pilihan Baru

Pendidikan merupakan investasi kunci masa depan sebuah negara. Dengan memberikan akses pendidikan berkualitas kepada seluruh warga, negara telah mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten. sebutnya.

Pendidikan juga membentuk pemimpin masa depan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan mengurangi kesenjangan.

Terakhir, Novita juga menyinggung esensi kemerdekaan yakni menjaga api nasionalisme bagi warganya untuk terus menjaga dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa ini.

BACA JUGA: Kolaborasi RI-Jerman, Prabowo Serahkan KRI Pulau Fani-731 dan Fanildo-732 ke TNI AL

“Mencerminkan kebanggaan terhadap identitas budaya, sejarah, dan nilai-nilai nasional. Semangat ini akan mengilhami rasa persatuan di antara warga negara, melewati perbedaan sosial dan etnis,” pungkas Novita.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close