BeritaNasionalPeristiwa

OJK: Utang BUMN Karya ke Bank BUMN Rp 46,21 T

BIMATA.ID, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan utang BUMN karya kepada himpunan bank milik negara (himbara) tembus Rp 46,21 triliun.

“Untuk pinjaman bank-bank kepada BUMN Karya, menurut catatan yang kami miliki, secara total kredit seluruh bank kepada BUMN Karya adalah Rp46,21 triliun,” Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK, Mahendra Siregar pada saat konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Meara Radius Prawiro OJK, Jakarta Pusat, Selasa (01/08/2023).

Namun, Mahendra enggan membeberkan rincian utang dari masing-masing debitur konstruksi tersebut.

Baca juga: Anak Muda Partai Koalisi Prabowo Ingin Pemilu 2024 Terlaksana Dengan Riang Gembira

Selain itu, Ia juga menolak untuk menanggapi soal PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) yang telah menghentikan pembiayaan terhadap karyawan tiga BUMN Karya, yakni PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA), PT Amarta Karya (AMKA), dan PT Waskita Karya Tbk. (WSKT).

“Saya rasa jelas bahwa ini adalah suatu keputusan yang dilakukan dari masing-masing bank terhadap masing-masing pinjaman yang diberikan kepada debiturnya. Jadi tidak bisa digeneralisir,” ujarnya.

Sebelumnya, Bank Mandiri memerintahkan penghentian penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor kepada karyawan di tiga perusahaan BUMN Karya tersebut.

Lihat juga: Muzani: Prabowo Akan Lanjutkan Program Jokowi untuk Atasi Kemiskinan dan Stunting

Mengenai hal itu, VP Corporate Communication Bank Mandiri, Ricky Andriano mengatakan, pihaknya merupakan perusahaan yang konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai praktik yang terbaik terkait manajemen risiko yang berlaku di industri perbankan.

Sekedar informasi, secara spesifik, himbara menjadi pemberi pinjaman utama kepada WIKA, dengan Bank Mandiri menjadi kontributor terbesar yakni Rp 3,87 triliun.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan keuangan perusahaan Mei 2023. Sementara utang WSKT ke himbara tercatat sebesar Rp 28,06 triliun dengan porsi kepada BMRI sebesar Rp 4,55 triliun.

Simak juga: Keseriusan Anak Buah Prabowo Hentaskan Permasalahan Sampah di Jawa Barat

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close