BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Survei: Prabowo Sukses Jaga Soliditas Suara di Basis 2019

BIMATA.ID, Jakarta – Calon Presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto sangat sukses menjaga solidaritas basis pendukungnya sejak Pilpres 2019. Terbukti cara Prabowo seperti itu mampu meningkatkan elektabilitasnya sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang.

“Prabowo berhasil menjaga solidaritas basis pemilih dia di 2019,” kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, Selasa (25/7/2023).

BACA JUGA: Condong Ke Prabowo, Partai Gelora Bakal Gelar Rakernas Tentukan Dukungan Capres 2024

Bawono menyebut hal itu merupakan salah satu faktor yang membuat Prabowo meningkat elektabilitasnya. Bawono menilai, basis pendukung Prabowo mengalami peningkatan dan semakin bertambah.

Maka dari itu, dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru yakni periode 20-24 Juni 2023 Prabowo meraih hasil yang sangat maksimal. Prabowo berhasil menjadi yang teratas di Simulasi 3 Nama Capres dengan torehan suara sebanyak 36,8 persen.

Sedangkan untuk tren Prabowo di kalangan pendukungnya mengalami peningkatan secara signifikan. Bawono mengatakan basis pendukung Prabowo di 2019 sebelumnya hanya berkisar di angka 39,2 persen pada bulan April 2023. Namun pada bulan Juni 2023, jumlah tersebut meningkat menjadi 51,6 persen.

BACA JUGA: Andre Rosiade Salurkan Bantuan Ambulans Dari Prabowo ke PW Muhammadiyah Sumbar

“Jadi itu salah satu variable utama yang menyebabkan terjadinya peningkatan elektabilitas Prabowo secara nasional,” tambahnya.

Bawono menambahkan, dirinya yakin ke depannya elektoral Prabowo akan terus bertambah. Semakin menguatnya dukungan akar rumput dari berbagai pihak yang mendukunng Prabowo membuat Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut sangat kuat sebagai capres.

“Menurut saya Prabowo jelas akan jauh semakin unggul, tinggal tergantung pada basis pemilihnya,” pungkasnya.

BACA JUGA: Head to Head Survei LSN: Prabowo Unggul 52,8% vs Ganjar 38,2%

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close