BeritaKesehatan

Menkes Dukung Pemprov DKI Fokus Upaya Pencegahan Penyakit

BIMATA.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pesan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Diketahui, dalam pesannya itu Menkes Budi meminta kepada Pemprov harus tetap fokus pada pencegahan, bukan hanya pengobatan saja.

“Upaya pencegahan ini perlu dilakukan, untuk bayi imunisasi dasar lengkapnya harus terpenuhi,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan tertulis, Kamis, (06/07/2023).

Baca juga: Survei 3 Capres Poligov: Elektabilitas Prabowo Tinggalkan Ganjar dan Anies

Menurutnya, pada saat beranjak dewasa, skrining kesehatannya baru banyak. Minimal melakukan skrining wajib empat soal penyakit.

“Yaitu cek gula darah, tekanan darah, kolesterol, dan lingkar perut,” ujarnya.

Menkes mengungkapkan, bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi. Sehingga, peluang tersebut harus dimaksimalkan dengan menjaga kesehatan seluruh lapisan masyarakat.

Lihat juga: Survei Poligov: Head to Head Elektabilitas Prabowo Unggul Kalahkan Anies

“Tugasnya Dinkes (dinas kesehatan) DKI menjaga masyarakat DKI agar tetap sehat,” jelasnya.

Kemudian, hal itu sejalan dengan target Sustainable Development Goals (SDGs) nomor tiga. Yakni, yakni menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

“Yang mesti diperhatikan (dalam SDGs) tidak ada kata-kata to cure sick people (menyembuhkan orang sakit), yang ada to promote healthy life (mempromosikan hidup sehat),” ungkapnya.

Simak juga: Survei Poligov: Head to Head Prabowo Unggul 42,40% vs Ganjar 34,88%

Maka dari itu, Menkes menegaskan strategi yang paling jitu adalah tetap menjaga orang tetap sehat. Karena hal itu menentukan kualitas hidup seseorang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close