BeritaEkonomiNasionalUMKM

Mendag Ingatkan, Cinta Produk Dalam Negeri Bukan Hanya Slogan Saja

BIMATA.ID, SEMARANG – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut bahwa kecintaan, dan kebanggaan terhadap produk dalam negeri jangan hanya sekedar slogan saja, akan tetapi harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari.

“Sebagaimana visi kita (Indonesia) kan ingin jadi negara maju pada 2045,” kata Mendag, Zulkifli Hasan, pada saat “Kampanye Kecintaan Produk Dalam Negeri Melalui Gernas BBI”, di SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (24/07/2023).

Menurutnya, Indonesia harus mampu menguasai pasar dunia yang harus didasari dengan kecintaan, dan kebanggaan terhadap produk dalam negeri, bukan sebaliknya yang membeli barang – barang impor.

Baca juga: Dampingi Presiden Hadiri Pasar Rakyat Kota Malang, Warga Malang Kerumuni Prabowo Berebut Foto Selfie

“Kita bisa menyerbu pasar dunia kalau kita sendiri bangga akan buatan kita. Kalau beli produk luar semua, gimana mau menyerbu pasar negara lain? Jadi, banggalah buatan negeri sendiri,” ungkapnya.

Sehingga, dengan adanya kecintaan, dan kebanggaan terhadap produk lokal, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), hingga industri domestik akan terdongkrak maju serta dapat meningkatkan perekonomian nasional.

“Bisa mengembangkan UMKM, mengembangkan industrinya, produk jadi lebih unggul, lebih bagus. Jadi, Indonesia bisa ekspor dan menguasai pasar dunia,” jelasnya.

Lihat juga: Warga Kota Malang Doakan Prabowo Agar Kelak Pimpin Indonesia

Selain itu, Zulhas juga berpesan kepada para pelajar untuk bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan, baik yang langsung memasuki dunia kerja maupun yang ingin melanjutkan pendidikannya.

“Setelah lulus SMK, seharusnya anak-anakku sudah bisa mandiri. Harus mampu berdiri di atas kakinya sendiri dan tidak menggantungkan diri kepada orangtua. Termasuk nanti melanjutkan kuliah,” pungkasnya.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close