BeritaNasionalPeristiwa

Jokowi Telah Siapkan Nama PJ Gubernur Buat Gantikann Ganjar

BIMATA.ID, BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menyiapkan beberapa nama Calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) yang akan menggantikan Ganjar Pranowo.

Menurutnya, keputusan akhir belum dibuat dalam waktu dekat. Walau, untuk masa jabatan Ganjar baru akan selesai di September 2023.

“Nama-nama sudah mulai, tetapi semuanya nanti lewat TPA [red: tim penilai akhir], ada proses seleksi,” kata Presiden Jokowi di Nyoman Nuarta Gallery, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/07/2023).

Baca juga: Hadiri Rakernas Apeksi ke XVI, Prabowo Akan Diskusi Bareng Wali Kota Se-Indonesia di Makassar

Selain itu, untuk calon pengganti Ganjar akan dirumuskan oleh tim penilai terlebih dahulu. Serta, baru akan ikut menentukan setelah ada hasil penyaringan.

Kemudian, bukan hanya Ganjar saja, Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil juga akan habis masa jabatannya.

“Masih September kan? Jawa Barat masih September, Jateng, Bali, Sumut masih September,” ucapnya.

Lihat juga: Kungker Ke Makassar, Menhan Prabowo Subianto Akan Hadiri Rakernas APEKSI XVI

Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah akan habis pada September 2023. Ia telah memimpin Jawa Tengah selama dua periode sejak 2013.

Sekedar informasi, Undang – undang Pilkada mengatur penyerentakan pilkada pada 27 November 2024. Dengan demikian, daerah-daerah yang kepala daerahnya habis masa jabatan sebelum tanggal itu akan dipimpin PJ.

Untuk diketahui, PJ dipilih oleh pemerintah pusat. Untuk PJ Gubernur, akan diusulkan oleh Menteri dalam negeri (Mendagri), dan dipilih Presiden. Sosok PJ Gubernur akan berasal dari aparatur sipil negara di level pimpinan tinggi madya atau setara eselon I.

Simak juga: Gerindra Minta Baliho Jokowi-Prabowo Tak Dipersoalkan, Sufmi Dasco: Pernak-Pernik Demokrasi

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close