BeritaEdukasiEkbisHukumInternasionalPendidikanPeristiwaPolitikRegionalSains & Tek

Forum Wartawan Polri Gelar Diskusi Kejahatan Siber

BIMATA.ID JAKARTA — Forum Wartawan Polri (FWP) Gelar Diskusi dengan bersama BSSN, Subdit Siber Ditreskrumsus dan Kuasa Hukum Coldplay.

Hadir dalam diskusi ini Ketua FWP Ahmad Faruk bersama Anggota, Panit Ditreskrimsus Ipda Satrio, BSSN Ariandi Putra dan Kuasa Hukum Coldplay Zainul Arifin.

Dalam diskusi tersebut mengungkap pelaku kejahatan penipuan di media sosial seperti modus jastip tiket konser Coldplay rata-rata tidak memiliki kemampuan teknologi informasi atau IT yang mempuni. Bahkan beberapa di antaranya hanya lulusan sekolah dasar alias SD.

Hal ini diungkap Panit I Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Ipda Satrio dalam diskusi bertajuk ‘Waspada Kejahatan Siber Masyarakat Harus Bagaimana?’ yang digelar Forum Wartawan Polri (FWP) di Hotel Diradja, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2023). Satrio menyebut sebagian besar terjadinya kejahatan penipuan di media sosial karena keteledoran korban.

“Untuk kasus-kasus penipuan ini yang beberapa kali kita hadapi tidak semua orang yang melakukan penipuan itu orang yang jago atau orang yang pandai dalam hal IT. Saya rasa lebih banyak kepada keteledoran daripada korban ataupun kurangnya literasi digital untuk masyarakat kita,” ungkap Satrio.

Berdasar pengalaman dari beberapa pengungkapan kasus penipuan di media sosial, lanjut Satrio, pihaknya baru menemukan satu pelaku yang memang memiliki kemampuan IT cukup mempuni. Sedangkan selebihnya hanya orang biasa yang memanfaatkan momentum seperti ramainya peminat konser Coldplay.

“Ada di daerah Sulawesi sana saya mendapati itu cuma satu orang yang punya kemampuan biasa memprogram itu satu orang. Itu disebut mekanik di sana. Kalau pelaku-pelakunya SD aja nggak lulus banyak,” ujarnya.

Atas hal itu, Satrio mengimbau masyarakat untuk lebih waspada. Khususnya dalam melakukan transaksi dengan pihak-pihak yang tidak jelas asal usulnya.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close