BeritaPertanianRegional

Dispertan Pemalang Dorong Milenial Jadi Petani

BIMATA.ID, PEMALANG – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pemalang tengah mengajak anak muda untuk menjadi petani.

Diketahui, Daerah Pemalang sebagai salah satu lumbung tani terbesar di Jawa Tengah (Jateng) yang mampu memasok pemenuhan pangan, terutama padi dan jagung.

Plt Kepala Dispertan Pemalang, Mu’minun melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman pangan hortikultura, Imam Mukarto mengatakan, Kabupaten Pemalang masuk lima besar sebagai lumbung padi terbesar di Jateng, sehingga hal itu menjadi salah satu kelebihan yang harus dimanfaatkan oleh anak muda untuk terjun langsung memajukan pertanian.

Baca juga: Prabowo: Rakyat Ingin Para Pemimpinnya Bersaing dengan Sejuk

“Kita semua tahu, produksi beras Pemalang selalu surplus dan mampu swasembada beras ke daerah lain. Ini harus dimanfaatkan oleh pemuda. Mereka bisa terjun langsung untuk melakukan aksinya, karena pemuda memiliki pengetahuan yang lebih baik, sehingga tata cara pengolahan lahan juga akan menjadi maksimal,” kata Imam Mukarto, dalam keterangannya, pada Senin (10/07/2023).

Menurutnya, peran anak muda dalam pertanian dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan menciptakan inovasi alat mesin pertanian (alsintan) yang tepat guna. Sehingga, dengan adanya alat tersebut, kedepannya proses produksi produk pertanian akan lebih cepat dan efisien, secara kualitas juga kuantitas.

“Prospeknya besar, dan alsintan sangat dibutuhkan petani apalagi semakin berkurangnya pekerja kasar yang mau menggarap lahan. Dengan produksi hampir 400 ribu ton setiap tahunnya, dengan adanya inovasi dari anak muda pasti dapat bertambah untuk petani sejahtera,” jelasnya.

Lihat juga: Ingatkan Pesan Prabowo ke Kader Gerindra, Romo Syafii: Jaga Kebersamaan dan Pastikan Pemilu Damai

Untuk diketahui, dengan penggunaan pupuk organik kualitas tanah yang sudah menurun sekarang bisa diperbaiki sehingga pada masa yang akan datang Pemalang tetap dapat menjaga lumbung pangan Jateng.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close