BeritaNasionalPeristiwaPolitikUmum

Dekat Dengan Jokowi, Survei IPO: Potensi Prabowo Menang di Pilpres 2024 Makin Besar

BIMATA.ID, Jakarta- Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Moch Mubarok Muharam, menilai Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sudah mendapatkan dukungan Presiden Jokowi untuk maju pada Pilpres 2024.

Mubarok menekankan dengan dukungan dari orang nomor satu di Indonesia itu, Prabowo Subianto memiliki potensi menang pada pesta demokrasi mendatang.

BACA JUGA:Pengamat Politik: PDI-P Mulai Terganggu Dengan Isu Kemesraan Jokowi-Prabowo

“Dorongan dari Pak Jokowi itu membuat Pak Prabowo Subianto sekarang lebih unggul. Endorse dari Pak Jokowi yang sudah kelihatan itu kan,” kata Mubarok, ketika dihubungi, Rabu (5/7).

Mubarok menjelaskan selain mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi, sosok Prabowo Subianto yang tegas dan humanis juga merupakan daya tarik bagi masyarakat luas untuk memilihnya pada kontestasi demokrasi mendatang.

Selain itu, berbekal jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, membuat Prabowo Subianto memiliki basis massa yang kuat dan juga tetap.

BACA JUGA: Menhan Prabowo Serah Terima Pesawat C-130J Super Hercules Ke TNI AU

“Karena Pak Prabowo Subianto ini Ketua Umum partai, saya yakin dia punya massa tetaplah, punya captive mass, pemilih yang agak tetap, itu yang membuat Prabowo Subianto sementara ini agak unggul,” ucap Mubarok.

Mempunyai jabatan sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan humanis di masyarakat belakangan ini, ternyata berdampak besar bagi elektabilitas menteri andalan Presiden Jokowi itu. Hasil itu terbukti dari survei yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO).

Pada survei IPO yang dilaksanakan 5-13 Juni 2023 itu, Prabowo Subianto berhasil menempati urutan pertama dari skema tiga nama capres yang akan bertanding pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: ProJo Sumbar Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

Prabowo Subianto berhasil mengantongi dukungan sebesar 37,2 persen. Disusul oleh Anies Baswedan yang berhasil meraup suara sebesar 31,5 persen dan Ganjar Pranowo di posisi ketiga dengan total elektabilitas mencapai 26,8 persen.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close