Politik

Tidak Mau Kalah Ketiga Kalinya, PAN Tunggu Momen Dukung Capres yang Pasti Menang

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menegaskan prinsip yang dipegang partainya dalam menjalin kerja sama politik atau koalisi pada Pemilu 2024.

Pertama, PAN disebut akan berkoalisi dengan partai Pemerintah guna melanjutkan pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kedua, PAN akan cermat dan menunggu momentum yang tepat dalam dukungan karena tidak mau kalah hatrick, yang ketiga kalinya,” ujar Yoga, Selasa (27/6/2023).

Menurutnya, masih banyak waktu bagi PAN untuk menentukan langkah strategis dalam merencanakan pemenangan Pilpres, termasuk mencari partai politik untuk koalisi.

“Proses koalisi dalam taraf yang eskalatif dan produktif serta masih longgar karena pintu KPU (pendaftaran pasangan calon) akan dibuka tanggal 19 Oktober 2023,” katanya

Yoga pun menepis kabar yang menyebut partainya lebih condong mendukung bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Saat ini, PAN belum memutuskan secara resmi dukungan calon presiden. Nanti menunggu keputusan Bang Zulkifli Hasan saja,” ujarnya lagi.

Meski demikian, Yoga mengakui bahwa PAN memiliki kedekatan dengan Gerindra karena pernah berjuang bersama pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 dan 2019 mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Fikri Yasin mengatakan, PAN condong untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres.

Fikri mengatakan, PAN akan berkoalisi dengan Partai Gerindra, Golkar, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kalau soal capres dari PAN sejauh ini memang mengarah ke Pak Prabowo Subianto atas koalisi empat partai, yaitu Gerindra, PAN, Golkar, PKB,” ujar Fikri.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close