BeritaNasional

Prabowo Tegaskan Pemerintah Akan Meremajakan Pesawat Tempur TNI AU

BIMATA.ID, Jakarta  – Proses peremajaan pesawat tempur Indonesia yang sudah tua, paling cepat menghabiskan waktu 18 bulan, hal ini diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin (19/06/2023).

“Itulah upaya kami di Kementerian Pertahanan, pertama refurbish semua pesawat tempur kita sekarang. Semua pesawat tempur kita refurbish, (itu) sedang kita laksanakan sekarang,” kata Prabowo, dikutip dari tvonenews, Selasa (20/06/2023).

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menegaskan, pemerintah meremajakan (refurbish) seluruh pesawat tempur TNI Angkatan Udara terutama yang sudah tua atau yang masa pakainya lebih dari 30 tahun.

Baca Juga : Menhan Prabowo Berikan Beasiswa Kepada Pemudi – Pemuda Palestina ke Unhan

Kemenhan RI merencanakan peremajaan (upgrade/refurbish) dan perbaikan (overhaul/repair) untuk beberapa pesawat TNI AU, di antaranya SU-27/30, F-16, dan Hawk 100/200, dalam proses yang bersamaan, Kementerian Pertahanan RI juga membeli pesawat tempur baru Dassault Rafale buatan Dassault Aviation dari Prancis, dan F-15 Super Eagle dari Amerika Serikat. 

Tiga unit pesawat baru Dassault Rafale dijadwalkan tiba di Tanah Air dalam waktu 36 bulan atau tiga tahun ke depan. Sementara itu, proses pembelian F-15 Super Eagle masih dalam tahap pembahasan surat penawaran (letter of offer and acceptance) dari Pemerintah Amerika Serikat, mengingat F-15 dibeli dengan skema foreign military sales (FMS).

“Pesawat baru yang sudah kita tanda tangan kontrak, terutama Rafale dari Prancis itu paling cepat adalah yang pertama datang itu 36 bulan, tiga tahun, dan selesainya itu kira-kira rata-rata 60 bulan. Jadi (baru bisa) operasional mungkin 60 bulan atau lima tahun,” ucapnya.

Demi memastikan TNI AU selalu siap tempur, Kementerian Pertahanan RI membeli 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas Angkatan Udara Qatar. 

“Pembelian Mirage ini adalah sebagai, pertama suatu interim solution (solusi sementara, red.). Jadi pesawat-pesawat kita yang sekarang ada sudah sangat tua dan dalam keadaan perlu refurbishment yang cukup besar,” kata Menhan RI. 

Simak Juga : Simpatisan Jokowi di Ponorogo Dukung Prabowo Jadi Presiden 2024

Rencananya, 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 yang dibeli dari Qatar akan dikirim ke Indonesia sekitar 24 bulan setelah kontrak efektif. Pesawat-pesawat itu bakal memperkuat Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. 

“Itu paling lama (24 bulan). Kami harapkan (bisa terkirim) lebih cepat,” pungkasnya.

Menhan Prabowo menjelaskan 12 unit Mirage 2000-5 bekas yang dibeli dari Qatar juga memiliki masa jam terbang (flying hours) yang relatif singkat.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close