BeritaNasionalOtomotifPeristiwa

KCIC Uji Kereta Cepat Jakarta – Bandung Tembus 300 Km Per/jam

BIMATA.ID, Tangerang – Proyek kereta cepat Jakarta – Bandung telah selesai, kali ini PT Kereta Api Cepat China (KCIC) telah melaksanakan pengujian, dan berhasil mencapai kecepatan 300 Kilometer per/jam.

Diketahui, PT KCIC telah resmi menguji coba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan kecepatan 300 kilometer per/jam yang dilakukan pengujian pada , Jumat (16/06/2023) tersebut menggunakan CIT atau Kereta Inspeksi.

Menanggapi hal itu, Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti mengatakan, uji coba di puncak kecepatan tersebut guna penyempurnaan prasarana seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring, hingga evaluasi.

Baca juga: Pindah Dukungan Politik, Ratusan Simpatisan Jokowi Deklarasikan Dukung Prabowo Presiden 2024

“Pengujian hari ini berjalan sangat lancar meskipun cuaca sedang hujan deras di sepanjang jalur KCJB. Kereta Inspeksi KCJB mampu menembus kecepatan hingga 300 kpj dengan sangat stabil. Secara bertahap puncak kecepatan tersebut akan terus kami tambah,” ujar Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti melalui keterangan resmi.

Sambungnya, keberhasilan pengujian di 300 kilometer per/jam dengan aman, dan lancar ini menjadi suatu progres yang baik dalam tahapan persiapan pengoperasian KCJB.

Diketahui, KCIC bersama Kementerian Perhubungan tengah mempersiapkan sertifikasi sebagai tanda KCJB yang akan dioperasikan dengan aman, dan sesuai regulasi yang ditetapkan.

Lihat juga: Prabowo dan Erick Semakin Mesra Duduk Sejajar Temani Presiden Jokowi Nonton Timnas vs Argentina

Untuk diketahui pada 21 Januari 2016, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di kebun teh Mandalasari, Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dan direncanakan mulai beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close