BeritaEkbisHukumPolitikRegionalUmum

Di Cilacap, Polisi Ungkap TPPO

BIMATA.ID JAKARTA Jalani arahan Kapolri terkait TPPO, Pihak kepolisian berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus pengiriman pekerja migran ilegal ke luar negeri.

Para korban diduga ditipu pasca dijanjikan bekerja di luar negeri. Tetapi akhirnya tidak pernah diberangkatkan.

Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto menuturkan, modus pelaku yaitu menjanjikan mengirim para korban untuk bekerja ke Korea Selatan dengan gaji tinggi.

Selain itu, pelaku juga meminta uang sampai ratusan juta rupiah untuk memproses keberangkatan.

Tetapi, alih-alih dikirim bekerja ke mancanegara, para korban justru dipekerjakan sebagai kuli untuk membangun gedung lembaga pelatihan kerja (LPK) di Indramayu, Jawa Barat.

Menurut keterangan Polres Cilacap, ada 165 korban dalam kasus TPPO tersebut, dengan setiap orang menyetorkan uang sebesar Rp5 juta sampai dengan Rp110 juta.

“150 orang menjadi korban dalam kasus ini. Para pelaku merekrut dan menjanjikan para korbannya untuk bekerja di luar negeri dengan gaji yang besar,” ujar Fannky dalam keterangan persnya selasa (6/6).

“Pada kenyataannya mereka justru dipekerjakan untuk membangun gedung lembaga pelatihan kerja di Indramayu,” paparnya menambahkan.

Adapun Polres Cilacap menetapkan Taryanto, (43), warga Cilacap, dan Sunata, (51), warga Indramayu, menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

(W2)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close