Berita

KPKP Minta Masyarakat Jakarta untuk Tidak Panik Soal Adanya Wabah PMK

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati meminta kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk tidak panik terhadap adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, penyakit tersebut tak menular ke manusia.

“PMK tidak menular dari hewan ke manusia maupun sebaliknya. Kita jangan panik ya tapi tetap waspada,” katanya, Rabu (08/06/2022).

Pihaknya menjelaskan hewan yang bisa terkena PMK adalah hewan ternak besar dan kecil seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi. Penyakit ini disebabkan oleh virus.

“PMK juga bukan penyakit baru, melainkan sudah ada sejak lama,  Namun Indonesia sesungguhnya sudah sejak 1990 bebas dari penyakit ini. PMK baru ditemukan lagi pada tahun ini,” ucapnya.

Saat ini Pemprov DKI menjamin hewan ternak yang dijual di Jakarta telah aman dari PMK karena terdapat pemeriksaan dari petugas. Hewan ternak yang sehat akan mendapatkan surat keterangan dari petugas.

“Masyarakat pun bila mau membeli hewan kurban berhak untuk melihat surat keterangan sehat dan bebas dari PMK tersebut. Silahkan bertanya kepada penjual,” jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close