BeritaTips & Trick

Sering Buka Jendela Mobil Ternyata Bikin Konsumsi BBM Lebih Boros

BIMATA.ID, Jakarta- Mobil yang hemat BBM tentu saja membuat kantong aman dari kelebihan pengeluaran. Meski demikian hemat tidaknya konsumsi BBM mobil tentu saja juga bergantung pada kemampuan dari pengemudi.

Namun,pemilik mobil juga dapat mencoba tips hemat BBM berikut supaya kendaraan lebih hemat BBM dan tidak membuat kantong jebol sebagaimana dikutip dari mobil88, Kamis (4/5/2023).

Gunakan BBM Dengan Oktan Tinggi

Menggunakan bbm dengan kadar oktan yang baik, otomatis akan membuat pembakaran mesin mobil menjadi lebih sempurna. Sehingga mesin akan lebih bertenaga dan performanya bisa selalu terjaga.

Baca juga : Diejek karena Masih Nyapres walau Selalu Kalah, Jawaban Prabowo Bikin Merinding

Dengan begitu, tarikan mobil akan terasa lebih enteng, dan kalibrasi pembakaran menjadi seimbang. Sehingga mesin tidak perlu bekerja terlalu keras yang bisa menyebabkan terjadinya pemborosan bahan bakar.

Menjaga Tekanan Ban

Meski terdengar sepele, nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahui kalau tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan mudik, jangan lupa mengecek kondisi ban untuk memastikan tekanan anginnya sesuai standar pabrikan.

Baca juga : Cawapresnya Prabowo dari Golkar atau PKB? Begini Kata Sekjen Gerindra

Menghindari Akselerasi Berlebih

Selain membahayakan, membawa mobil dengan akselerasi terlampau tinggi juga akan membuat konsumsi bbm mobil jadi lebih boros. Karena mesin dipaksa untuk memacu tenaga berlebih, yang akibatnya memaksa ruang pembakaran memberi suplai bahan bakar secara tidak normal.

Sebaiknya jaga kecepatan mobil secara konstan, untuk menghindari konsumsi bbm yang berlebihan. Apalagi hal itu juga tentunya baik bagi seluruh penumpang mobil. Karena buat apa kebut-kebutan, kalau harus mempertaruhkan keamanan dan keselamatan.

Hindari Membawa Beban Berlebih

Saat mudik biasanya mobil sudah cukup penat dengan penumpang yang turut serta. Demi kenyamanan selama di perjalanan, sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak apalagi barang-barang yang tidak terlalu diperlukan.

Sebelumnya baca juga : Eks Kediaman Jenderal Soedirman di Jogja Jadi Rumah Pemenangan Prabowo

Karena dengan beban yang berlebihan, tarikan mobil akan jadi lebih berat dan membuat konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Untuk itu, prioritaskan membawa barang sesuai kebutuhan.

Jangan Terlalu Sering Membuka Jendela

Selama di perjalanan, sebaiknya jangan terlalu sering membuka jendela mobil. Karena tanpa disadari, udara yang masuk kedalam kabin mobil bisa memberi beban berlebih yang akibatnya membuat konsumsi bbm jadi lebih boros.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close